Manfaat Bagian-bagian Pepaya

Manfaat Bagian-bagian PepayaManfaat Bagian-bagian Pepaya

Pepaya atau yang dalam bahasa Jermannya ini terkenal dengan nama Kates maupun Ketela gantung adalah merupakan sebuah tanaman yang seluruh organnya dapat dipergunakan baik untuk manusia maupun hewan.

Memang kalau di Indonesia kegunaan Pepaya ini belum begitu lengkap bila dibandingkan di luar negeri. Sebab di luar negeri semuanya dapat dipergunakan selain untuk makanan juga sebagai obat-obatan. Misalnya saja :

1. Akarnya

Van der Burg setelah mengadakan penyelidikan-penyelidikan ilmiahnya, maka menemukan manfaat dari akar Pe­paya. Akar pepaya ini dapat dipergunakan untuk menyembuhkan penyakit ginjal, juga sangat mujarab untuk pengobatan kandungan kencing.

Van der Burg lebih lanjut mengatakan bahwa cara-cara mempergunakan akar pepaya untuk obat itu adalah sangat simpel sekali, yaitu dengan cara merendam akar pepaya tersebut di dalam air dingin. kemudian larutan dari rendaman akar tersebut diminum.

Selain Van der Burg, juga Kloppenburg Versteeg mengadakan penyelidikan yang menghasilkan penemuan bahwa akar pepaya yang direbus dapat dipakai sebagai obat pembasmi cacing kremi. Selain itu juga Kloppenburg Versteeg telah mencoba dan hasilnya sangat memuaskan, yaitu akar dari pepaya gandul direndam dalam arak dan kemudian dicampur dengan minyak kayu putih. Maka rendaman akar pe­paya ini dapat dipergunakan sebagai obat luar untuk menyembuhkan sendi-sendi tulang yang sakit.

2. Batangnya
Pada tahun 1903 ketika Yogyakarta di landa musim paceklik, batang pepaya ini dapat dimakan oleh manusia.

Memang makanan ini tidak begitu lezat akan tetapi cukup buat dipakai sebagai ganjal perut dan tidak membahayakan kesehatan manusia yang memakannya. Adapun caranya adalah batang pepaya itu diparut hingga halus dan diperas air serta getahnya, hingga tinggal ampasnya saja. Ampas parutan batang pepaya ini lalu dicampur dengan gula ataupun garam, tinggal selera kita saja. Mau manis atau asin, kemudian ampas yang telah kita campur de­ngan gula atau garam itu dapatlah kita makan. Makanan dari ampas batang pepaya ini, konon dapat juga dipakai sebagai obat untuk menghilangkan rasa mual diperut. Terutama sekali orang yang sakit kembung, dan akan mempermudah orang bisa kentut.

3. Daun Pepaya
Khusus untuk daun pepaya ini memang banyak sekali kegunaannya. Daun pepaya yang masih muda, setelah ditumbuk hingga halus dan diperas, maka air hasil perasan itu dapat diminum sebagai obat yang sangat mujarab buat orang yang berpenyakit malaria, panas ataupun kejang perut. Kemudian kalau untuk hewan, khususnya kuda. Apabila setiap minggu satu kali diberi minuman perasan daun pepaya muda akan dapat menghindarkan kuda tersebut dari penyakit keremi, mulas ataupun penggumpalan lendir. Kloppenburg pun mengatakan kalau perasan air daun pe­paya muda ini dapat dipergunakan sebagai obat perangsang makan untuk anak-anak kecil yang kurang punya nafsu makan.

Daun Pepaya

Kemudian Profesor Wichmann yang mengadakan penyelidikan di Indonesia Timur mengatakan bahwa daun pe­paya dapat pula dipakai sebagai obat penyakit beri-beri. Lebih lanjut Prof. Wichmann mengingatkan, memang di In­donesia tentang kegunaan daun pepaya sebagai obat-obatan telah membudaya, namun janganlah terlalu banyak dalam memberikannya sebab bukan tak mungkin bahwa pemberian yang over dosis ini justru akan membahayakan buat si peminum.

Pernyataan dari Prof. Wichmann ini didukung pula oleh Greshoff yang mengatakan bahwa daun pepaya ini banyak mengandung sejenis alkaloid yang sering disebut sebagai CARPAIN. Carpain ini sendiri mempunyai sifat dapat membuat urat-urat jantung menjadi kejang. Selain itu semua memang daun pepaya muda itu sendiri dapat dimakan sebagai campuran gado-gado ataupun pecel. Sedangkan untuk mengurangi rasa pahitnya, sebaiknya kalau merebus daun pepaya muda ini dicampur dengan daun ketela pohon.

4. Bunga Pepaya
Bunga pepaya gandul ini pun dapat pula dipakai sebagai obat perangsang makan buat para anak kecil. Untuk menghilangkan rasa getar dan pahitnya sebaiknya kalau akan merebus bunga pepaya ini dicampur dengan daun kuda-kudaan. Se­lain itu rebusan bunga pepaya ini juga dapat dipakai sebagai obat yang mujarab dan manjur sekali buat penyakit kuning, untuk hal ini telah dibuktikan dan diadakan percobaan-percobaan dilaboratorium. Sedangkan yang mengadakan penyelidikan adalah Kloppenburg Versteeg.

5. Buah Pepaya Muda
Buah pepaya yang masih muda ini umumnya selalu dipakai sebagai makanan. Bisa dipakai sebagai campuran rujak, ataupun dibuat sayur-mayur untuk teman makan nasi ataupun dibuat manisan dan lain sebagainya. Apabila buah pepaya muda ini kita godog dengan gula, maka akan dapat dipergunakan sebagai makanan selingan setelah makan siang ataupun makan malam sebagai pencuci mulut.

6. Buah Pepaya Yang Telah Masak
Buah pepaya yang telah masak inilah tujuan utama dari para penanam pepaya. Sebab buah yang telah masak ini banyak sekali faedahnya

Sebagai buah yang mempunyai daging iembik, ini sangat baik sekali buat orang-orang yang telah tak mempunyai gigi. Hingga dapat makan dengan tenang dan tak ada kesulitannya. Sedangkan untuk menjaga kesehatan, buah pepaya yang telah masak ini banyak mengandung vitamin A dan ju­ga sedikit vitamin C.
Selain sebagai makanan, daging pepaya yang telah masak kalau dipotong kecil-kecil dan kemudian diberi sirup dan es, maka akan dapat dipergunakan sebagai minuman yang sangat segar di siang hari yang panas. Singkatnya saja kalau kita pandang dari segi gizi, maka buah pepaya ini merupakan sebuah obyek yang penting untuk dimasukkan kedalam kurikulum perbaikan gizi anak-anak ataupun orang dewasa. Akan tetapi juga harus ingat, bahwa walaupun buah pepaya ini lembek dan enak rasanya, akan tetapi buat sebagian orang yang berpenyakit maag ataupun berpenyakit bengek jangan terlalu banyak makan buah ini. Sebab perut akan menjadi dingin dan dapat membuat penyakit-penyakit tersebut kambuh lagi.

 

RECENT POSTS