Proses Pengambilan Sampel

Proses Pengambilan Sampel

       Proses pengambilan sampel merupakan cara kita dalam memilih sampel untuk studi tertentu. Proses terdiri dari beberapa tahapan sebagai berikut:

  1. a)Tahap 1: Memilih Populasi.

Tahap awal adalah menentukan populasi yang menarik untuk dipelajari. Suatu populasi yang baik adalah mencakup rancangan eksplisit semua elemen yang terlibat biasanya meliputi empat komponen yaitu elemen, unit sampling, keluasan skop dan waktu.

  1. b)Tahap 2: Memilih unit-unit sampling.

Unit-unit sampling adalah unit analisis dari mana sampel diambil atau berasal. Karena kompleksitas penelitian dan banyaknya desain sampel, maka pemilihan unit-unit sampling harus dilakukan dengan teliti.

  1. c)Tahap 3: Memilih kerangka sampling.

Pemilihan kerangka sampling merupakan tahap yang penting karena jika kerangka sampling yang dipilih tidak mewakili populasi, maka generalisasi hasil penelitian meragukan. Kerangka sampling dapat berupa daftar nama populasi seperti kartu pegawai, buku telepon atau data base lainnya.

  1. d)Tahap 4: Memilih desain sampel

Desain sampel merupakan tipe metode atau pendekatan yang digunakan untuk memilih unit-unit analisis studi. Desain sampel sebaiknya dipilih sesuai dengan tujuan penelitian.

  1. e)Tahap 5: Memilih ukuran sampel

Ukuran sampel tergantung beberapa faktor yang mempengaruhi daiantaranya adalah:

Sumber :

https://zalala.co.id/pusat-riset-apple-diharapkan-dorong-konten-lokal/