Proporsional

 Proporsional

Cara pengambilan sampel dilakukan dengan menyeleksi setiap unit sampling yang sesuai dengan ukuran unit sampling. Keuntungannya adalah aspek representatifnya lebih meyakinkan sesuai dengan sifat-sifat yang membentuk dasar unit-unit yang mengklasifikasinya, sehingga mengurangi keanekaragamannya. Karakteristik-karakteristik masing-masing strata dapat diestimasikan sehingga dapat dibuat perbandingan. Kerugiannya adalah membutuhkan informasi yang akurat pada proporsi populasi untuk masing-masing strata. Jika hal tersebut diabaikan maka kesalahan akan muncul.

  1. Disporposional

Strategi pengambilan sampel sama dengan proporsional. Perbedaannya adalah terletak pada ukuran sampel yang tidak proporsional terhadap ukuran unit sampling karena untuk kepentingan pertimbangan analisis dan kesesuaian.

  1. Teknik  pengambilan sampel cluster

       Strategi pengambilan sampel dilakukan dengan cara  memilih unit-unit sampling dengan menggunakan formulir tertentu sampling acak, unit-unit akhir adalah kelompok-kelompok tersebut secara random dan hitung masing-masing kelompok. Keuntungan menggunakan metode ini adalah jika kluster-kluster didasarkan pada perbedaan geografis maka biaya penelitiannya menjadi lebih murah. Karakteristik kluster dan populasi  dapat diestimasi. Kelemahannya adalah membutuhkan kemampuan untuk membedakan masing-masing anggota populasi secara unik terhadap kluster, yang akan menyebabkan kemungkinan adanya duplikasi atau penghilangan individu-individu tertentu.

RECENT POSTS