Pendapatan Nasional

Table of Contents

 Pendapatan Nasional

Pendapatan nasional adalah jumlah pendapatan yang diterima oleh seluruh rumah tangga keluarga (RTK) di suatu negara dari penyerahan faktor-faktor produksi dalam satu periode,biasanya selama satu tahun. Salah satu tolak ukur yang dapat digunakan untuk menilai kondisi perekonomian suatu negara adalah pendapatan nasional.

Tujuan dari perhitungan pendapatan nasional ini adalah untuk mendapatkan gambaran tentang tingkat ekonomi yang telah dicapai dan nilai output yang diproduksi, komposisi pembelanjaan agregat, sumbangan dari berbagai sektor perekonomian, serta tingkat kemakmuran yang dicapai (Sukirno, 2008, p55). Selain itu, data pendapatan nasional yang telah dicapai dapat digunakan untuk membuat prediksi tentang perekonomian negara tersebut pada masa yang akan datang. Prediksi ini dapat digunakan oleh pelaku bisnis untuk merencanakan kegiatan ekonominya di masa depan, juga untuk merumuskan perencanaan ekonomi untuk mewujudkan pembangunan negara di masa mendatang (Sukirno, 2008, p57).

pendapatan Nasional sebagai suatu pengertian dapat dipandang beberapa segi, yakni :

  1. Pendapatan Nasional berupa uangadalah nilai yang dinyatakan berupa uang dari pada barang-barang yang dikonsumsi pada tahun yang bersangkutan ditambah dengan investasi netto yang di lakukan pada tahun tersebut. Demikian pendapatan nasional berupa uang, dinyatakan dalam kesatuan uang perkesatuan waktu.
  2. Pendapatan Nasional Nyata adalah suatu arus benda (flow of goods). Pendapatan tersebut meliputi jumlah kesatuan fisik produk, yang pada tahun yang bersangkutan dihasilkan dalam perekonomian untuk tujuan konsumsi dan investasi netto.

Antara pendapatan Nasional berupa uang dan pendapatan Nasional Nyata terdapat hubungan sebagai berikut :

Sumber :

https://pulauseribumurah.com/game-anak-sholeh-sajikan-petualangan-hingga-kisah-untuk-anak/