Peranti Lunak yang Mudah Digunakan Pengguna

Peranti Lunak yang Mudah Digunakan Pengguna

Peranti lunak yang sederhana dan penggunanya intuitif sering kali dikatakan mudah digunakan pengguna (userfriendly). Istilah ini mungkin dapat memiliki suatu konotasi negatif dimana secara tidak langsung dapat diartikan bahwa aplikasi ini telah dibuat dengan begitu sederhana sehingga semua orang dapat mempergunakannya. Sebenarnya, userfriendly berarti bahwa aplikasi tersebut tealh dibuat dengan seksama sehingga berbagai bakat dan keahlian yang dimiliki oleh rentang pengguna yang luas dapat diakomodasi.

Pengguna-pengguna bisnis memiliki keahlian masing-masing dalam area-area bisnis pembelian, produksi, penjualan, keuangan, atau area-area yang lain. Meluasnya penggunaan sumber daya berbasis komputer tercapai ketika peranti lunak aplikasi dirancang sehingga pengguna-pengguna ini dapat mempergunakan komputer untuk menerapkan keahlian bisnis mereka tanpa harus menjalani suatu latihan khusus.

Karakteristik aplikasi yang mudah digunakan :

  • Dialog yang dipandu untuk mengarahkan pengguna sehubungan dengan data apa yang dibutuhkan, format data yang diminta, dan masalah-masalah lain yang serupa.
  • Menu, daftar perintah dengan langkah-langkah yang ditampilkan ke bawah, dan icon : pengguna yang masih awam sekaligus pada waktu yang bersamaan memungkinkan lebih banyak pengguna yang mahir mengambil jalan singkat untuk menyelesaikan tugas.
  • Pola dan formulir-formulir isian.
  • Bantuan yang sensitif pada konteks. Informasi yang membantu hendaknya diberikan pada titik tertentu di mana pengguna mengalami kesulitan, yang membuthkan program komputer untuk tetap melacak pada bagian aplikasi sebelah mana permintaan spesifik pengguna berasal.
  • Antarmuka berbentuk grafis dengan menggunakan simbol-simbol terstandarisasi : Pengguna hendaknya tidak diharapkan untuk mempelajari icon-icon baru ketika setiap aplikasi ditulis. Harus terdapat standarisasi dalam arti dan penggunaan icon  serta lokasinya pada antarmuka di antara berbagai jenis aplikasi.

 

RECENT POSTS