Keamanan Komputasi Rumah

Table of Contents

Keamanan Komputasi Rumah

Tiga aspek keamanan memiliki arti yang penting bagi komputer mikro yang Anda pergunakan di rumah dan di tempat kerja, misalnya update sistem operasi, virus, dan spyware. Keamanan bagi sumber daya sebuah organisasi seperti server Web, basis data, dan jaringan hendaknya menjadi tanggung jawab dari para profesional sistem informasi.

Terdapat dua jenis perbaruan (update) yang penting bagi pengguna individu, yaitu update untuk sistem operasi dan untuk peranti lunak aplikasi.  Mengupdate sistem operasi Anda penting artinya bagi keamanan dan efesiensi.  Keamanan adalah kepentingan utama, namun efisiensi  hendaknya tidak diabaikan. Hampir setiap hari terdapat satu jenis peranti keras baru yang dibuat atau diperbaiki. Aplikasi peranti lunak menambahkan fitur-fitur baru. Jika Anda tidak mengupdate sistem operasi Anda, Anda mungkin tidak dapat menggunakan produk-produk atau fitur-fitur ini secara efisien.

Hacker adalah orang-orang yang mecoba untuk menerobos masuk ke sistem komputer guna mengumpulkan informasi, menolak akses pemilik ke sumber daya komputer miliknya, menghapus file-file, atau mengacaukan penggunaan komputer mikro oleh para pemiliknya. Hacker terus menerus mencoba cara-cara baru untuk masuk ke dalam komputer Anda, sehingga Anda perlu terus-menerus mengupdate sistem operasi yang Anda gunakan.

Virus komputer adalah program-program komputer kecil yang menggandakan diri dengan memasukkan diri mereka ke dalam sumber daya komputer seperti program atau fileWorms adalah file atau program yang berdiri sendiri. Virus, terutama worm, disebabkan melalui  jaringan. Maka tindakan yang dapat Anda lakukan untuk mencegah adalah dengan menginstall peranti lunak antivirus dan rutin mengupadate peranti lunak antivirus tersebut seperti halnya Anda peranti lunak sistem operasi Anda.

Spyware adalah sebuah program komputer kecil yang mengawasi apa yang sedang Anda kerjakan dengan sumber daya komputer Anda. Beberapa spyware melaporkan aktivitas komputer Anda, seperti situs-situs Web mana yang Anda kunjungi atau aplikasi komputer apa yang Anda pergunakan kemudian dilaporkan ke entitas lain. Anda hendaknya tidak mempergunakan sebuah komputer mikro kecuali jika Anda telah menjalankan peranti lunak antispyware secara rutin, sama seperti Anda menjalankan update rutin untuk sistem operasi Anda. Untuk mengetahui apakah komputer Anda terdapat spyware atau tidak adalah dengan men-download antispyware dan memeriksa komputer Anda.

Sumber :

https://okabawes.co.id/peringatan-lalu-lintas-mahasiswi-its-juara-kompetisi-astra/