Sebagai bahan pembuatan tape

Sebagai bahan pembuatan tape

Tape atau yang sering kita kenal dengan istilah peyeum merupakan hasil dari olahan singkong yang diberikan sejenis ragi untuk kemudian mengalami proses fermentasi, sehingga dapat menghasilkan tekstur yang manis, dan lezat seperti tape yang sering kita temui di pasar – pasar tradisional. Salah satu jenis unsur yang terdapat pada ragi yang membantu proses fermentasi dari singkkong menjadi tape adalah jenis jamu zygomicota, yaitu Mucor Javanicus.

Jenis ini merupakan jamur yang terkandung pada ragi yang biasa digunakan untuk memfermentasikan singkong menjadi tape. (Baca : Manfaat tape singkong)

  1. Mematangkan buah

Salah satu manfaat lain dari zygomicota ialah mampu membantu proses pematangan dan pemasakan buah agar menjadi lebih nikmat dan lezat untuk disantap. Adalah jamur zygomicota dengan jenis Rhizopus Nigricans yang berfungsi untuk menjalankan tugas ini. Jamur jenis ini akan menghasilkan suatu asam fumarat yang pada dasarnya akan membantu proses pematangan pada buah – buahan, baik yang masih berada di pohon ataupun buah – buahan yang dipetik dalam keadaan mentah atau setengah matang, yang sering kita kenal dengan istilah mengkel.

  1. Asam laktat

Zygomicota juga memiliki manfaat lain yang cukup penting, yaitu mampu menghasilkan asam laktat. Rhizopus Nodousus merupakan spesies zygomicota yang memiliki fungsi untuk menghasilkan asam laktat

  1. Sebagai pengurai kotoran ternak

Kotoran ternak merupakan salah satu limbah yang sangat mengganggu kehidupan sehari – hari, karena baunya yang sangat tidak sedap. Biasanya, kotoran ternak yang tidak diurus dan dibersihkan selama beberapa hari akan tumbuh sejenis jamur. Inilah jamur zygomicota yang berjenis Mucor Mucedo. Mucor mucedo tumbuh pada kotoran ternak yang tidak dibersihkan dalam waktu beberapa hari, dan akan membantu menguraikan kotoran ternak tersbut hingga akhirnya tidak mengganggu kebersihan lingkungan sekitar.

  1. Sebagai pengurai makanan kadaluarsa

Pernahkah anda menyimpan roti yang sudah kadaluarsa dan tidak layak konsumsi? Perhatikanlah, pasti akan muncul bintik – bintik jamur pada permukaan roti yang sudah kadaluarsa tersebut. Itulah salah satu kegunaan dari zygomicota. Jenis jamur ini akan membantu proses penguraian jenis – jenis makanan yang sudah melewati masa kadaluarsa, alias sudah mengalami pembusukan. Dengan adanya penguraian yang dilakukan oleh zygomicota ini, maka proses penguraian dapat terjadi, dan jenis makanan yang sudah membusuk tidak akan menimbulkan bau dan mengganggu lingkungan sekitar anda.

SUmber :

https://anchorstates.net/daftar-harga-dan-ketersediaan-google-pixel-2-dan-2-xl/