Perangkat Keras Pemroses

Perangkat Keras Pemroses

Piranti pemroses adalah piranti yang bertugas memproses masukan yang diterima oleh computer sehingga dihasilkan informasi yang sesuai dengan kebutuhan, piranti pemroses dalam computer adalah CPU (Central Processing Unit)

Processor

Processor merupakan nama singkat dari microprocessor dan sering di sebut CPU (Central Processing Unit). Komponen ini berupa chip (IC/ Intregated Circuit) adalah sekeping silikon yang berukuran kecil persegi yang mengandung ratusan ribu bahkan sampai jutaan transistor dan komponen elektrik lainnya. Processor salah satu komponen yang terpenting dalam sistem komputer, Processor sering disebut sebagai otak komputer karena sebagai pemroses data. Contoh: Pentium 3. Pentium 4, Celleron, AMD dll.

  1. Memory

Memory adalah ruang simpan sementara dalam chip komputer, memory terbagai atas main memory (penyimpan memory utama) dan backing storage (penyimpan cadangan).

  1. Main Memory

Komponen ini berfungsi sebagai pengingat, dalam hal ini yang disimpan memori dan dapat berupa data atau program, diantaranya:

Menyimpan data yang berasal dari piranti masukan sampai dikirim ke ALU atau CPU untuk diproses.

            Menyimpan data hasil dari pemrosesan ALU sebelum dikirim ke piranti pengeluaran.

Menampung program/intruksi yang berasal dari piranti masukan atau dari piranti sekunder.

Memory dibedakan atas ROM dan RAM. Selain itu ada pula memory yang di sebut cache memory. ROM (Read Only Memory) merupakan jenis memory yang isinya tidak hilang walau arus listrik terputus dan pada awalnya isinya hanya bisa dibaca. ROM BIOS biasa disebut dengan BIOS (Basic Input/Output Sistem). Intruksi dalam BIOS akan dijalankan oleh microprocessor ketika komputer mulai dihidupkan. RAM (Random Access Memory) adalah jenis memori yang isinya dapat berganti-ganti (bisa dibaca dan ditulis) selama komputer dihidupkan dan mempunyai sifat mengingat data selama arus listrik tidak terputus. Jika arus listrik terputus informasi dalam RAM akan hilang.

  1. Backing Storage

Backing Storage juga disebut penyimpan cadangan merupakan penyimpan semua informasi non aktif di dalam kompouter, penyimpanan ini dibedakan atas serial acces contohnya tape drive dan direct acces contohnya disk magnetic (hardisk), floppy disk (disket), CD/DVD ROM dan sebagainya.

RECENT POSTS