PERANGKAT KERAS (Hardware)

 PERANGKAT KERAS (Hardware)

Perangkat keras komputer adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.

Perangkat Keras Komputer atau lebih dikenal dengan hardware mempunyai empat komponen utama yakni input device, central processing unit (CPU), backing storage (storage devices) dan output devices. Input devices dan output devices di kelompokkan dalam satu bagian yang disebut peripheral yang terletak di sisi luar casing komputer. CPU dan backing storage dikelompokkan sebagai komputer dan biasa terletak di dalam casing utama computer.

Komponen Perangkat Keras Komputer

  1. Perangkat Keras Masukan (Input Device)

Input Device berfungsi sebagai media masukan data dari luar sistem ke dalam memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Perangkat keras yang termasuk ini diantaranya :

  1. Keyboard

Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer yang berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.

  1. Mouse

Mouse adalah perangkat keras masukan yang digunakan untuk menggerakkan pointer atau kursor. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.

  1. Light Pen

Light Pen merupakan alat yang berbentuk bolpoin yang berfungsi sebagai memberikan input pada computer dengan cara menyentuh layar monitor. Teknologi ini lebih teliti dari pada layar sentuh. Dengan alat ini operator computer dapat memilih item atau memilih perintah pada layer (seperti klik pada mouse) dengan cara menjepit sisi-sisi light pen tersebut atau dengan menekan pada layer. Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.

  1. Layar Sentuh

Layar Sentuh merupakan layer monitor yang didesain atau dimodifikasi untuk dapat mengenali sentuhan pada permukaannya. Dengan menyentuh layar pengguna dapat memilih operasi atau memindahkan kursor. Layer sentuh kurang bagus jika digunakan pada computer pribadi (personal computer) karena pengguna harus sering-sering mengangkat tangannya menyentuh monitor. Disamping itu, layar sentuh tidak memiliki resolusi yang tinggi.

  1. Scanner

Scanner merupakan perangkat keras masukan yang berfungsi untuk memindah suatu obyek sehingga menghasilkan gambar elektronik dengan menggunakan sinar yang terlihat atau radiasi elektromagnetik lain seperti sinar laser. Cara kerjanya adalah dengan menempatkan sebuah obyek diatas kaca scenner.

  1. Touchpad

Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.

SUmber: https://pulauseribumurah.com/iphone-x-datang-lebih-cepat/