Peninggalan sejarah kerajaan Kediri

Peninggalan sejarah kerajaan Kediri

Peninggalan sejarah kerajaan Kediri

  1. Prasasti Banjaran yang berangka tahun 1052 M , menjelaskan kemenangan Kerajaan Kediri atas Jenggala
  2. Prasasti ngantang tahun 1135 atau 1052 M, menjelaskan Kerajaan Kediri pada masa Raja Jayabaya. Pada prasasti ini terdapat semboyan Panjalu Jayati yang memiliki arti Kediri Menang.
  3. Prasasti laring (1104 M ) Dari raja Gandra, yang memuat tentang sejumlah nama-nama hewan seperti kebo waruga dan tikus jantan.
  4. Prasati yang ditemukan di tulungagung dan Kertosono, Berisi tentang masalah – masalah keagamaan dan diperkirakan berasal dari Raja Bameswara ( 1171-1130 M )
  5. Prasasti Kamulan (1194 M )

            Yang menyatakan bahwa pada masa pemerintahahn Raja Kertajaya , kerajaan kediri telah berhasil mengalahkan musuh yang menguasai istana di katang – katang.

            Seni sastra mendapat banyak perhatian pada zaman Kerajaan Kediri. Pada tahun 1157 Kakawin Bharatayuddha ditulis oleh Mpu Sedah dan diselesaikan oleh Mpu Panuluh. Kitab ini bersumber dari Mahabharata yang berisi kemenangan Pandawa atas Korawa, sebagai kiasan kemenangan Sri Jayabhaya atas Janggala. Selain itu, Mpu Panuluh juga menulis Kakawin Hariwangsa dan Ghatotkachasraya. Terdapat pula pujangga zaman pemerintahan Sri Kameswara bernama Mpu Dharmaja yang menulis Kakawin Smaradahana.

            Kemudian pada zaman pemerintahan Kertajaya terdapat pujangga bernama Mpu Monaguna yang menulis Sumanasantaka dan Mpu Triguna yang menulis Kresnayana.Di samping kitab sastra maupun prasasti di atas, juga ditemukan berita China yang banyak memberikan gambaran tentang kehidupan masyarakat dan pemerintahan Kediri yang tidak ditemukan dari sumber yang lain. Berita Cina tersebut disusun melalui kitab yang berjudul Ling-mai-tai-ta yang ditulis oleh Cho-ku-Fei tahun 1178 M dan kitab Chu-Fan-Chi yang ditulis oleh Chau-Ju-Kua tahun 1225 M.


Sumber: https://movistarnext.com/raisa-hamish-hingga-save-tiang-listrik-momen-yang-paling-ramai-di-twitter/