J.R logan

 J.R logan

 J.R logan

: seorang pegawai pemerintah Inggris di Penang. Logan menyebutkan istilah :INDONESIA” di dalam suatu tulisan pada majalah yang dipimpinnya. Ia mempergunakan istilah “INDONESIA” untuk mnyebutkan kepulauan dan penduduk Nusantara. Ia menulis istilah itu pada tahun 1850 , artikel yang ditulis oleh Logan tentang Indonesia, karena Indonesia memiliki potensi yang besar bagi Inggris , yaitu penduduknya yang cukup banyak dan dapat dijadikan sasaran di dalam perdagangan hasil-hasil industrinya.

  1. Earl G. Windsor : pada tahun 1850 di dalam media milik J.R logan , ia menyebutkan kata “Indonesia” bagi penduduk Nusantara. Dalam tulisannya , Earl Windsor menyatakan bahwa penduduk di kepulauan Nusantara memiliki potensi yang snagat besar di dalam perdagangan hasil industrinya , karena pada masa itu jumlah penduduk Indonesia merupakan yang terbesar di Asia Tenggara

PENUTUP II

KESIMPULAN

  1. Kesimpulan

            Dari pembahasan ini kita dapat menarik kesimpulan, bahwa saat revolusi industri, Belanda merupakan negara yang kurang maju industrinya. Oleh karena itu, Belanda mengembangkan keunggulan komparatif berupa industri berbasis pertanian dan pertambangan dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam dan tenaga kerja tanah jajahan. Yang salah satunya dengan menjajah bangsa Indonesia. Sretegi tersebut terbukti mampu menjadikan Belanda sebagai negara pemasok bahan mentah dan tambang yang dibutuhkan negara industri maju di Eropa. Namun bangsa Indonesia tidaklah rela bila terus diperbudak oleh Belanda hingga terjadilah bebabagai perlawanan yang telah dilakukan oleh para pejuang dan pahlawan Indonesia. Oleh karena itu memanglah amat penting akan sejarah sehingga tidaklah salah akan adanya mata pelajaran di setiap sekolah-sekolah di Indonesia. Semua itu agar semua para generasi bangsa bisa lebih mengetahui sejarah dan sebagai cerminan agar kita tetap selalu memperjuangkan tanah kelahiran kita Indonesia.

  1. Saran

Setelah kita mempelajari mengenai pentingnya sejarah, kita harus bisa tetap memperjuangkan negara kita dan juga dengan tetap menghargai para pejuang bangsa. Sehingga sebagai siswa kita harus belajar dengan sebaik-baiknya agar penerus bangsa kita bisa lebih memajukan negara ini. Dan sebagai penyusun kami merasa masih ada kekurangan dalam pembuatan makalah ini. Oleh karena itu, kami mohon kritik dan saran dari pembaca.

RECENT POSTS