INSISCHE PARTIJ(1912)

  INSISCHE PARTIJ(1912)

Partai ini merupakan partai pertama yang menanamkan rasa kebangsaan dan pribumi ERNEST EUGENE FRANCOIS (EEF) DOUWES DEKKER  mengambil prakarsa mendirikan partai politik untuk golongan INDO dan bercita-cita memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Ia mengajak Suwardi Suryaningrat dan Cipto Mangunkusumo untuk mendirikan IP pada tanggal 25 Desember 1912 di Bandung . Organisasi ini pada penghapusan kolonialisme yang mengeksploitasi rakyat dan hindia Belanda.  IP merupakan  organisasi politik pertama di Indonesia. Perkembangan yang snagat cepat dan pernyataan-penyataan yang mengkritik Belanda menyebabkan tokoh-tokoh IP mulai diawasi dan dicurigai oleh Belanda sehingga pemerintah menolak ketika pengirisnya mengajukan permohonan untuk memperoleh badan hukum .

Pada tahun 1913 IP dinayatakan sebagai partai terlarang. Douwes Dejjer tetap berjuang dijalurkan politik, Suwardi Suryaningrat  lebih dikenal sebagai Ki Hajar Dewantoro bergerak di lapangan pendidikan dan Tjipto Mangunkusumo tetap dengan perjuangan radikalnya .

  1. MUHAMMADIYAH(1912)

MUHAMMADIYAH didirikan pada tanggal 18-11-1912 oleh K.H ahmad Dahlan , seorang muslim yang berpikiran modern. Tujuan yang ingin dicapai adalah memajukan pengajaran modern berdasarkan islam yang benar dan memberikan pengertian ilmu agama dan cara hidup yang benar menurut peraturan agama . untuk mencapai tujuan tersebut MUHAMMADIYAH  mendirikan sekolah-sekolah sebagai pusat pendidikan dan membantu sekolah-sekolah islam yang memerlukan bantuan.

Dalam bidang social , MUHAMMADIYAH banyak mendirikan rumah sakit , rumah yatim piatu dan meningkatkan dakwah bagi masyarakat islam.

Dengan kegiatan tersebut MUHAMMADIYAH turut mendukung perjuangan memperoleh kemerdekaan. Peranannya dalam menumbuhkan kesadaran bangsa tentang pentingnya kemajuan dan kemerdekaan sangat besar.

  1.     PERHIMPUANAN INDONESIA (1925)

Berdirinya PI berawal dari didirikannya INDISCHE VERENIGING tahun 1908 di Belanda. Organisasi ini bersifat moderat ( selalu menghindarkan perilaku atau pengungkapan yang ekstrem) sebagai perkumpulan social mahasiswa Indonesia di Belanda untuk memperbincangkan  masalah dan persoalan tanah air. Pada awalnya PI merupakan organisasi social , memasuki tahun 1913 , denagn dibuangnya tokoh IP ke Belanda maka dibuatlah pokok pemikiran pergerakan yaitu HINDIS untuk Hindia yang menjadi nafas baru. Iwa kusumasumantri diangkat ketua menyatakan 3 azaz pokok  INDISCHE VERENIGING yaitu :

  1. Indonesia menentukan nasibnya sendiri
  2. Kemampuan dan kekuatan sendiri
  3. Persatuan dalam menghadapi belanda

Tahun 1925 INDISCHE VERENIGING berubah menajdi PI dengan tujuannya Indonesia merdeka. Banyak kegiatan yang dilakukan oleh aktivis PI di Belanda maupun di luar negri, diantaranya ikut serta dalam kongres Liaga demokrasi Perdamaian Internasional  tahun 1926 di paris, dalam kongres itu Muhammad Hatta dengan tegas menyatakan tuntutan akan kemerdekaan Indonesia.  Tindakan-tindakan PI dapat dikatakan radikal , apakah radikal itu ? RAdikal adalah suatu paham atau aliran yang menginginkan perubahan atau pembaruan secara keras sampai ke akarnya. Tahun 1925 PI semakin tegas memasuki kancah politik. , yang juga di dorong kebangkitan nasionalisme di Asia – Afrika.

Sumber :

https://dolanyok.com/tukangkonten/