Tugas Utama Akuntansi Biaya

Definisi akuntansi biaya adalah salah satu bidang akuntansi yang berhubungan dengan proses pelacakan, pencatatan dan analisis biaya yang berkaitan dengan kegiatan organisasi atau perusahaan yang memproduksi barang atau jasa. Pengeluaran adalah pengorbanan sumber daya ekonomi yang telah terjadi, sedang terjadi, atau kemungkinan terjadi untuk tujuan tertentu yang diukur dalam unit keuangan. Biaya melambangkan waktu dan sumber daya perusahaan manufaktur untuk melakukan proses produksi. Istilah beban kerja digunakan ketika biaya dikeluarkan.

Perusahaan-perusahaan manufaktur secara khusus memproduksi dan mengolah bahan mentah menjadi produk jadi. Beberapa karakteristik perusahaan mengikuti. Pertama, pemrosesan produk terjadi dari waktu ke waktu, yang berarti bahwa pesanan yang sudah selesai mengganggu proses produksi, dan kemudian kita mulai dengan pesanan berikutnya. Kedua, produk dibuat sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan oleh pelanggan sehingga ada versi barang yang berbeda. Ketiga, produk ini untuk memenuhi pesanan dan bukan untuk mengisi persediaan gudang.

Karakteristik data akuntansi biaya mempengaruhi pengumpulan biaya produksi. Metode pengumpulan biaya produksi disebut metode pemesanan, yang digunakan di perusahaan yang memproduksi produk berbasis pesanan. Metode biaya pesanan dijelaskan sebagai berikut.

Gunakan metode ini jika perusahaan memproduksi berbagai jenis produk sesuai dengan spesifikasi pelanggan. Setiap jenis produk harus sesuai dengan cara menghitung harga barang yang dijual secara terpisah.
Biaya produksi harus dibagi menjadi dua kelompok utama, yaitu biaya produksi langsung dan biaya produksi tidak langsung.

Biaya produksi langsung termasuk biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung. Biaya produksi tidak langsung, yang disebut overhead (BOP), termasuk bahan tambahan, gaji karyawan, listrik, telepon, asuransi, pemeliharaan dan perbaikan, peralatan pabrik, depresiasi pabrik kendaraan, depresiasi mesin pabrik, dan lainnya.
Biaya produksi aktual dihitung sebagai biaya pesanan tertentu berdasarkan biaya aktual. Overhead pabrik dihitung berdasarkan harga kontrak berdasarkan kurs yang telah ditentukan sebelumnya.
Harga satuan produk dihitung ketika pesanan selesai, sehingga total biaya produksi yang dikeluarkan untuk pesanan dibagi dengan jumlah unit produksi yang diproduksi dalam urutan yang dimaksud.
Fungsi Akuntansi Biaya UT dalam sistem akuntansi biaya adalah sebagai berikut.

Perencanaan laba dan kontrol

Siklus akuntansi biaya mencakup informasi atau data tentang pengeluaran masa lalu yang diperlukan untuk rencana tersebut. Berdasarkan rencana ini, biaya yang digunakan untuk merespons peningkatan di masa depan dapat dikendalikan.

Menentukan harga produk atau layanan

Menentukan harga barang dapat membantu dalam evaluasi produk jadi dan proses, dalam menentukan harga jual, harga jual khusus di bawah kontrak, meskipun tidak selalu menentukan harga jual dan laba berdasarkan harga barang dalam akun.

Pengambilan keputusan oleh manajemen

Begitu kita mengetahui perkiraan biaya yang akan dikeluarkan perusahaan di masa depan, akan lebih mudah bagi perusahaan untuk membuat keputusan tentang kegiatan umum perusahaan,

Memahami fungsi akuntansi biaya tentu akan membuatnya lebih mudah untuk memahami lebih banyak akuntansi biaya, seperti manfaat akuntansi biaya untuk manajemen, karakteristik akuntansi biaya, dan tujuan akuntansi biaya.

Sumber: guruakuntansi.co.id

Baca juga: