Pengertian Bahasa Pemrograman

Informatika adalah disiplin teknik yang berkaitan dengan masalah konversi simbolik atau pemrosesan menggunakan komputer melalui proses logis. Jika kita berbicara tentang informasi, bahasa tidak akan tinggal jauh dari bahasa pemrograman atau sering disebut bahasa komputer.

Dari awal hingga sekarang, tentu saja, kita tahu bahwa ada berbagai bahasa pemrograman di dunia komputer. Karena ada begitu banyak bahasa pemrograman, bahasa juga diklasifikasikan menurut kriteria tertentu. Beberapa mengklasifikasikannya menjadi 3 level bahasa, yaitu level atas (seperti Pascal dan Basic), level menengah (seperti bahasa C) dan level bawah (seperti assembly assembly). Ada juga yang mengklasifikasikannya sebagai pemrograman prosedural / fungsional, pemrograman berorientasi objek dan sebagainya.

Bahan pengantar

Buat RP 10.400.000 setiap 60 detik dari komputer Anda
Perdagangan Olympus

Pelajar Jakarta menemukan cara untuk menyingkirkan BB 30 kg dalam 2 minggu
Slimguard

Pelajar Indonesia menemukan cara untuk pulih dari diabetes selamanya!
Ekstraksi. Menyenangkan

Tetapi pada dasarnya, ini adalah bagian yang sama dalam bahasa pemrograman. Satu-satunya perbedaan adalah dalam tata bahasa yang digunakan. Seperti belajar bahasa Indonesia, bahasa Jawa atau bahasa asing. Setiap orang memiliki bagian yang sama, satu-satunya perbedaan adalah kata / simbol yang digunakan dan dialek bahasa.

Bahasa pemrograman, atau umumnya dikenal sebagai bahasa komputer atau bahasa pemrograman komputer, adalah instruksi standar untuk mengoperasikan komputer yang beroperasi. Bahasa pemrograman ini adalah seperangkat aturan sintaksis dan semantik yang digunakan untuk mendefinisikan program komputer.

Bahasa pemrograman

Bahasa ini memungkinkan programmer untuk menentukan data apa yang akan diproses komputer, bagaimana data itu akan disimpan / dikirim, dan jenis tindakan apa yang akan diambil dalam situasi yang berbeda.

Tergantung pada tingkat kedekatannya dengan komputer, bahasa pemrograman meliputi:

Bahasa mesin yang memerintahkan komputer menggunakan kode bahasa biner, seperti 01100101100110.
Dikenal sebagai bahasa tingkat rendah atau bahasa komponen (rakitan bah.Inggris) yang memerintahkan komputer menggunakan kode pendek (kode spesifik memori), misalnya [code_gen | Pindahkan], Sub, CMP, JMP, JGE, JL, Loop dll.
Bahasa Inggris Menengah, yang merupakan bahasa komputer yang menggunakan kombinasi instruksi dalam kata-kata bahasa manusia, lihat contoh-contoh bahasa tingkat tinggi dan instruksi simbolik seperti simbol,},?, <<, >>, &&, || Dll

Bahasa tingkat tinggi, yang merupakan bahasa komputer yang menggunakan instruksi, misalnya, terdiri dari komponen kata dalam bahasa manusia, mulai, berakhir, jika sementara, dan, atau, dan sebagainya. Rekayasa dapat memahami penerjemah bahasa manusia atau penerjemah program sesuai kebutuhan.
Sebagian besar bahasa pemrograman diklasifikasikan sebagai bahasa tingkat tinggi, hanya bahasa C yang diklasifikasikan sebagai bahasa perantara dan komponen, yang merupakan bahasa rendah.

Sejarah bahasa pemrograman

Pencarian untuk bahasa pemrograman dimulai bersamaan dengan penciptaan komputer. Bahasa pemrograman dan komputer samar-samar berlipat ganda karena komputer hanya bisa berfungsi jika ada program.

Sementara itu, program yang dibuat dari bahasa pemrograman hanya bisa hidup dengan komputer sebagai media. Bahasa pemrograman telah melalui berbagai proses pengembangan. Keadaan bahasa pemrograman saat ini di tahun 1940-an sangat berbeda dari bahasa pemrograman. Di masa lalu, programmer terbiasa mengedit komputer secara fisik dengan mode kabel manual.

Metode pengkabelan kemudian berkembang menjadi konten perangkat lunak perangkat lunak sederhana. Kualitas dan properti berkembang dengan cepat dan berkembang. Pada awal kemunculannya bahasa pemrograman hanya dapat digunakan untuk satu tujuan, tetapi sekarang dapat digunakan untuk tujuan yang berbeda.

Nomor pertama yang memperkenalkan bahasa pemrograman ke dalam komputer adalah Charles Babbage. Charles Babbage adalah seorang ilmuwan yang tinggal di Inggris pada Abad Pertengahan. Dia adalah orang pertama yang mendesain mesin seperti komputer. Perangkat ini penuh dengan banyak program yang dapat berjalan di atasnya (seperti bahasa assembly hari ini). Pencipta acara adalah Byron Countess Loveless, putri Lord Byron.

Komputer modern yang menggunakan listrik pertama kali ditemukan pada tahun 1940-an. Pada saat itu, komputer masih merupakan barang mewah dan hanya dimiliki oleh mereka yang membutuhkan data dalam jumlah besar, seperti militer dan universitas. Komputer sangat besar pada saat itu sehingga mereka menghabiskan banyak ruang.

Sumber: ruangguru.co

Baca juga: