Contoh pelanggaran HAM yang ada di sekitar kita

Contoh pelanggaran HAM yang ada di sekitar kita

Contoh pelanggaran HAM yang ada di sekitar kita

1.Contoh kasus pelanggaran HAM dilingkungan keluarga antara lain:

–¬†Orang tua yang memaksakan keinginannya kepada anaknya (tentang masuk sekolah, memilih pekerjaan, dipaksa untuk bekerja, memilih jodoh).

-Orang tua menyiksa/menganiaya/membunuh anaknya sendiri.Anak melawan/menganiaya/membunuh saudaranya atau orang tuanya sendiri..

Penyelesaian : orang tua tidak boleh memaksakan dan mengutamakan kehendak. Dengan sikap orang tua yang seperti itu maka anak itu akan merasa tertekan, sebaiknya orang tua mendidik anaknya dengan sabar dan penuh kasih sayang.

2.Contoh kasus pelanggaran HAM di sekolah antara lain :

-Guru membeda-bedakan siswanya di sekolah (berdasarkan kepintaran, kekayaan, atau perilakunya).

Penyelesaian : tugas guru itu cuman mendidik, mengajar dan memberitaukan sikap yang baik bukan malah membedakan antara yang satu dengan yang lain.

-Guru memberikan sanksi atau hukuman kepada siswanya secara fisik (dijewer, dicubit, ditendang, disetrap di depan kelas atau dijemur di tengah lapangan).Siswa mengejek/menghina siswa yang lain.

Penyelesaian : jika kesalahan siswa itu masih bisa ditoleransi sebaiknya guru hanya memberikan pengarahan agar siswa tersebut tidak melakukan kesalahannya lagi.

 

3.Contoh kasus pelanggaran HAM di masyarakat antara lain :

-Perbuatan main hakim sendiri terhadap seorang pencuri atau anggota masyarakat yang tertangkap basah melakukan perbuatan asusila.

Merusak sarana/fasilitas umum karena kecewa atau tidak puas dengan kebijakan yang ada.

 

Penyelesaian : masyarakat sebaiknya melaporkan pencuri tersebut ke pihak yang berwajib,bukan malah main hakim sendiri.

Sumber: https://memphisthemusical.com/