Apa Itu Membaca Ekstensif

Apa Itu Membaca Ekstensif
Apa Itu Membaca Ekstensif

Pengertian Membaca Ekstensif

Membaca ekstensif berarti membaca luas. Membaca luas maksudnya objek yang dibaca lebih dari satu. Lebih banyak objek yang dibaca akan semakin bagus karena objek yang dibandingkan semakin banyak. Misalnya beberapa surat kabar atau buku. Dalam membaca ekstensif, beberapa objek yang dibaca harus memiliki tema yang sama. Tujuan membaca ekstensif adalah memahami pokok-pokok pikiran dalam beberapa bacaan dengan cepat. Tidak semua kata harus dibaca. Hal penting yang harus diperhatikan adalah menemukan pokok pikiran dalam setiap bacaan dengan cepat. Membaca ekstensif sebagai salah satu bentuk membaca cepat merupakan sesuatu yang perlu kita kuasai. Sebagaimana kita ketahui, sekarang ini sumber informasi yang berupa tulisan sangat beragam. Sumber informasi berupa tulisan tidak kalah penting jika dibandingkan dengan sumber informasi yang disampaikan secara lisan. Jika tidak ingin ketinggalan berbagai informasi tentunya kita harus banyak membaca, namun kadang kita merasa waktu yang kita miliki sangat terbatas. Kita merasa bahwa banyak hal yang lebih penting untuk kita lakukan.

 

Bagaimana Cara Membaca Ekstensif?

  1. Membaca Cepat

Di sekolah tentu kita sudah pernah membaca ekstensif. Apa sja yang dilakukan untuk membaca ekstensif? Berikut akan saya ulas langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membaca ekstensif.

Mengumpulkan bahan bacaan dengan topik pembicaraan yang sejenis. Misalnya, bahan bacaan diambil dari tiga buah surat kabar yang sama-sama berisi tentang pendidikan bagi anak-anak di daerah terpencil. Selain itu, bahan bacaan juga dapat diambil dari sumber yang lain, misalnya majalah, tabloid, atau internet.

Membaca setiap bahan bacaan yang telah dikumpulkan dengan cara skimming.

Menemukan pokok pikiran bahan bacaan.

Mencatat pokok pikiran bahan bacaan sambil membaca.

Sebagaimana disebutkan diatas, membaca ekstensif termasuk membaca cepat. Jadi, langkah-langkah membaca ekstensif diatas dilakukan dengan membaca cepat. Artinya, membaca ekstensif yang baik tidak boleh menghabiskan banyak waktu.

Membaca cepat pada hakikatnya adalah memahami isi bacaan dengan mengutamakan kecepatan. Misalnya, untuk memahami isi buku, kita dapat melakukannya dengan membaca cepat. Membaca cepat memiliki kisaran 300 kpm sampai sekitar 800 kpm. Pernahkan pembaca menghitung kecepatan membaca yang anda miliki? Pembaca dapat menghitung kecepatan membaca dengan rumus:

KM = K : Wm

KM : Kecepatan Membaca

K : Jumalah Kata

Wm : Lama Waktu Membaca (dalam menit)

 

Contoh:

Sebuah teks bacaan terdiri atas 750kata. Anda mampu membacanya dalam waktu 2 menit. Berapa kecepatan membaca anda?

KM = K : Wm

= 750 : 2

= 375 kata per menit (kpm)

Jadi kecepatan membaca anda adalah 375 kata per menit.

 

Membaca cepat bukan hal yang mustahil untuk dimiliki. Kemampuan membaca 1.000 kata per menit pun ternyata bukan hal yang tidak mungkin. Presiden Amerika Serikat John F. Kennedy yang sekarang sudah meninggal telah membuktikan hal tersebut. Mantan presiden Amerika Serikat yang lain adalah Theodore Roosevelt, juga memiliki kemampuan membaca cepat. Ia mampu membaca tiga buku setiap hari. Dapat dibayangkan sebagai seorang presiden tentunya dia sangat sibuk. Namun ternyata ada banyak buku yang mampu ia baca setiap hari. Hal itu menunjukkan bahwa dengan membaca cepat seseorang dapat membaca banyak buku. Keterbatasan waktu bukan penghalang dalam memperoleh informasi dengan membaca.

Membaca cepat tidak hanya bermanfaat untuk memahami isi buku. Membaca cepat juga dapat digunakan untuk mengetahui bagian penting dari bacaan yang kita perlukan. Misalnya, dalam ujian anda harus menjawab soal berdasarkan bacaan. Agar tidak menghabiskan banyak waktu, anda dapat membaca pertanyaannya terlebih dahulu. Selanjutnya, anda mencari jawabannya dengan membaca bacaan secara cepat. Ingat, anda harus memperhatikan setiap bagian bacaan yang berkaitan dengan pertanyaan. Adapun bagian bacaan yang tidak berkaitan dengan pertanyaan dapat anda abaikan.


Sumber: https://dosenpendidikan.id/