JURNAL KHUSUS

Table of Contents

JURNAL KHUSUS

JURNAL KHUSUS
JURNAL KHUSUS

 

Sebagai anak Ekonomi jurusan Akuntansi pasti kalian tau apa itu Jurnal?. Sekarang saya ingin mengulas sedikit tentang Jurnal dan khususnya Jurnal Khusus bagi teman-teman yang belum mengetahui apa itu Jurnal dan apa itu Jurnal Khusus?. Yuukk mari kita bahas 🙂

Sebelum mengetahui Jurnal Khusus, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu pengertian Jurnal. Jurnal adalah alat untuk mencatat transaksi-transaksi yang terjadi diperusahaan yang dilakukan secara kronologis (berdasarkan urut waktu terjadinya) dengan menunjukan rekening yang harus didebet dan dikredit beserta jumlah rupiahnya masing-masing. Setiap transaksi yang terjadi dalam perusahaan, sebelum dibukukan kedalam buku besar, harus dicatat dahulu kedalam jurnal, oleh karena itu buku jurnal sering disebut buku catatan pertama (book of original entry). Jurnal terdiri dari beberapa jenis, diantaranya:

  1. Jurnal umum
  2. Jurnal khusus (Special Journal)
  3. Jurnal Penyesuaiain (AJP)
  4. Jurnal Penutup
  5. Jurnal Pembalik dan
  6. Jurnal Koreksi

Sekarang kalian sudah tau kana pa itu Jurnal dan jenis-jenisnya? :). Sekarang mari kita bahas Jurnal Khusus. Jurnal khusus adalah jurnal yang digunakan untuk mencatat transaksi-transaksi yang terjadi secara berulang-ulang. Jurnal khusus terdiri dari 5 macam yaitu :

  1. Jurnal Pembelian
  2. Jurnal Pengeluaran Kas
  3. Jurnal Penjualan
  4. Jurnal Penerimaan Kas
  5. Jurnal Umum

Adapun fungsi dari Jurnal Khusus, diantaranya:

  1. Meringankan pekerjaan karena mudah ketika di Posting ke Buku Besar,
  2. Memungkinkan dilakukannya pembagian kerja,
  3. Mengghemat biaya dan tenaga dan
  4. Pengendalian Internal bisa dilaksanaknakan dengan baik.

Yang pertama ada Jurnal Pembelian dalam Jurnal Khusus. Jurnal Pembelian itu hanya untuk mencatat pembelian barang dagang secara kredit maka analisis transaksi tersebut adalah pembelian di sebelah debet, sedangkan utang usaha di sebelah kredit. Agar lebih jelasnya lagi coba simak bagan jurnal pembelian beserta kolom-kolomnya sebagai berikut.

Sumber : http://riskyeka.web.ugm.ac.id/seva-mobil-bekas/