Cara Cek Smartphone Android dan iOS Bisa Pakai WhatsApp pada 2020

Cara Cek Smartphone Android dan iOS Bisa Pakai WhatsApp pada 2020

 

Cara Cek Smartphone Android dan iOS Bisa Pakai WhatsApp pada 2020
Cara Cek Smartphone Android dan iOS Bisa Pakai WhatsApp pada 2020

WhatsApp akan menghentikan dukungan untuk ponsel dengan sistem operasi (OS) Android dan iOS versi tertentu mulai 1 Februari 2020. Artinya, per tanggal tersebut smartphone terdampak tak dapat lagi memakai WhatsApp.

Untuk ponsel Android, sebagaimana diumumkan WhatsApp melalui laman WhatsApp Support dikutip Rabu (18/12/2019), versi terdampak yaitu 2.3.7.

Sementara untuk iOS untuk perangkat Apple, device terdampak yang menjalankan iOS 8. Artinya, pemilik perangkat dengan OS Android 2.3.7 ke bawah dan iOS 8 ke bawah hanya bisa menggunakan WhatsApp hingga 1 Februari 2020.

Cara Cek OS Smartphone
Untuk mengetahui apakah ponsel yang sedang digunakan terdampak keputusan tersebut, pemilik perangkat bisa

mengeceknya dengan melihat versi OS di ponselnya.

Untuk perangkat iOS, caranya dengan masuk ke menu Settings > Apple ID > Your iPhone. Versi iOS akan dijumpai di menu Device Info.

Sedangkan untuk perangkat Android menunya bisa dijumpai dengan masuk ke Settings > About Phone/About Device > Android Version.

Cara di atas mungkin berbeda untuk merek dan smartphone tipe tertentu khususnya dengan OS Android.

Sementara, alasan WhatsApp meninggalkan smartphone lawas lantaran ingin fokus pada platform seluler yang digunakan oleh mayoritas pengguna.

“Jika Anda menggunakan salah satu dari perangkat seluler yang terkena dampak dari keputusan kami ini, kami merekomendasikan agar Anda meningkatkan ke perangkat lebih baru,” saran WhatsApp kepada pengguna terdampak.

Smartphone dengan Android 2.3.7 dan iOS 8
Android 2.3.7 (Gingerbread) merupakan versi update ke-4 dari Android 2.3.3 yang meluncur pada 21 September 2011.

Adapun versi awalnya dirilis pada 9 Februari 2011. Saat itu, Android 2.3.3 berjalan di sejumlah smartphone populer, salah satunya seri Galaxy S dari Samsung dan Nexus S dari Google.

Kini, praktis Android 2.3.7 mulai ditinggalkan lantaran rata-rata smartphone Android keluaran 2019 sudah

menjalankan versi Oreo (8.0) dan Pie (9.0). Selain itu, ponsel Android lawas dengan OS Jelly Bean (4.1), KitKat (4.4), maupun Lollipop (5.0) masih beberapa tingkat di atas Gingerbread.

Android sendiri kini sudah memasuki versi ke-10 yang semula dikenal sebagai Android Q.

Untuk iOS lebih mengerucut lantaran hanya iPhone 4 sebagai seri paling lawas yang mendukung iOS 7.

Di iOS 8, iPhone 4 sudah tak didukung, sedangkan iOS 9 mentok hanya di iPhone 4S sebagai seri paling jadul.

Selebihnya, selain iPhone 4S ke bawah sudah mendukung iOS 9. iOS sendiri sudah memasuki generasi ke-13 yakni iOS 13 yang telah diperkenalkan Apple pada September 2019.

Sebelumnya, WhatsApp juga telah mengerucutkan kompatibel ponsel untuk aplikasinya pada tiga tahun lalu.

Saat itu, tepatnya pada akhir 2016, WhatsApp tak lagi memberikan dukungan di smartphone Android 2.1 dan Android 2.2. Di iOS, WhatsApp tak dapat lagi digunakan untuk perangkat iPhone 3GS atau iOS 6.

“Walaupun beberapa perangkat seluler ini telah menjadi bagian penting dari cerita kami, mereka tidak lagi menawarkan kemampuan yang kami perlukan,” kata WhatsApp saat itu.

Baca Juga: