Praktek Copy Paste

Table of Contents

Praktek Copy Paste

Praktek Copy Paste
Praktek Copy Paste

Praktek Copy Paste dikalangan mahasiswa umumnya sudah biasa terjadi. Hal ini ditandai dengan banyaknya mahasiswa yang tertangkap melakukan praktek plagiat ini. “Menurut saya hal itu sah-sah ajah, karena hal tersebut dapat dikatakan sebagai upaya untuk memepermudah seiring dengan kemajuan perkembangan zaman” ungkap Pahrudin sebagai seorang mahasiswa. Menurutnya Copy paste bukan suatu tindakan yang memperbodoh mahasiswa, akan tetapi tindakan ini sebagai sebuah cara untuk mempermudah  dalam hal pengerjaan tugas-tugas tentunya dengan mencantumkan referensi awal serta memebacanya terlebih dahulu.

Ketika ditanya mengenai pernah melakukan kegiatan Copy Paste, pahrudin pun menjawab belum pernah seingat dirinya. Namun ia  mengatakan jika seandainya ia pernah melakukannya maka hal tersebut disertakan dengan kutipan dari referensi asli serta ada beberapa bagian yang ia edit kembali. Menurutnya perlu suatu sanksi yang tegas agar kegiatan ini dapat dikurangi intensitasnya. Diakhir wawancara kami ia pun mengatakan harapannya bagi seluruh mahasiswa yang masih pelakukan kegiatan ini, “Bagi mahasiswa lainnya saya rasa kita harus sadarlah mengapa kita harus bersusah payah untuk kuliah jika hanya untuk mengerjakan tugas saja harus dengan cara Copy Paste.jika dengan hal tersebut, maka orang lain diluar sana juga bisa mengerjakan hal yang sama tanpa harus bersusah payah untuk kuliah jika ada petunjuknya, maka hal yang dilakukan hanya menyalin  dan mengedit beberapa bagiannya”.

Dalam hal ini terdapat faktor –faktor penyebab Copy Paste dilakukan

1. Kurangnya pengetahuan tentang aturan penulisan

Kurangnya pengetahuan mereka tentang tata cara penulisan karya ilimiah merupakan suatu penyebab terjadinya plagiarisme atau copy – paste. Referensi yang hanya sebagai penguat gagasannya hendaknya dia mencantumkan sumber referensi tersebut sebagai penghargaan terhadap orisinalitas sebuah karya.

2. Sanksi belum ditegakkan secara tegas

Dalam hal ini perlu diberlakukan sanksi yang tegas bagi para pelaku Copy paste. hal ini amat diperlukan karena dalam hal proses pendidikan bagi civitas akademis sendiri agar menjauhkan mereka daritindakan tersebut.

3. Tidak percaya diri

Tidak percaya diri juga menjadi suatu hal yang mendasari seseorang untuk melakukan Copy Paste. Ketidaksiapan seseorang dalam membuat suatu tugaslah yang menyebabkan hal ini dapat terjadi. Oleh karena itu peran serta dari sang dosen untuk memotivasi para mahasiswanya.

4. Malas.

Sifat malas merupakan sifat manusiawi, tak terkecuali bagi mahasiswa. Mahasiswa menjadi jenuh dan malas karena selalu dihadapkan dengan tugas yang menumpuk. Tugas dari berbagai mata kuliah tidak jarang mempunyai deadline yang hampir bersamaan. Hal ini tentu saja membuat mahasiswa kurang optimal mengerjakan tugasnya. Tidak jarang pula mahasiswa mengerjakan tugas dengan jalan pintas. Berdalihkan keterbatasan waktu, mahasiswa melakukan copy – paste atau plagiarisme dari pekerjaan teman ataupun hasil browsing di internet.

Baca Juga :