Tim Perangkat Lunak

Table of Contents

Tim Perangkat Lunak

Tim Perangkat Lunak
Tim Perangkat Lunak

Dalam organisasi yang mengembangkan perangkat lunak, struktur tim terbaik tergantung oleh gaya manajemen suatu organisasi, jumlah orang dalam tim, tingkat ketrampilannya, dan kesulitan masalah secara keseluruhan.
Mantei [MAN81] mendefinisikan tiga organisasi yang umum antara lain :
§ Demokratis terdesentralisasi (DD). Tim rekayasa ini tidak memiliki pemimpin yang permanen. Tetapi ada koordinator yang dipilih untuk tugas dalam waktu pendek yang akan diganti oleh yang lain mungkin untuk mengkoordinasi tugas yang berbeda. Keputusan dan pendekatan masalah dibuat oleh konsensus kelompok. Komunikasi antara anggota tim bersifat horizontal.
§ Terkontrol terdesentralisasi (CD). Memiliki pemimpin tertentu yang mengkoordinasi tugas-tugas khusus serta memiliki pimpinan-pimpinan sekunder yang bertanggung jawab atas masalah sub-sub tugas. Pemecahan masalah adalah aktivitas dari kelompok namun implementasi dari pemecahan masalah dipecahkan oleh masing-masing sub-sub kelompok oleh pimpinan tim. Komunikasi antar kelompok dan orang bersifat horizontal tetapi komunikasi vertikal sepanjang hierarki kontrol juga terjadi.
§ Terkontrol tersentralisasi (CC). Koordinasi pemecahan masalah tingkat puncak dan internal tim diatur pimpinan tim. Komunikasi antara pimpinan dan anggota tim bersifat vertikal.

Sumber : https://cialis.id/