ANTARA STAND BY DAN HIBERNATE

ANTARA STAND BY DAN HIBERNATE

ANTARA STAND BY DAN HIBERNATE
Komputer bukan hal asing lagi tentunya, kita tidak pernah lepas dari peran komputer dalam aktifitas sehari-hari banyak kegiatan yang terbantu lewat komputer. Namun kita juga perlu tahu bagaimana cara penggunaanya agar lebih efisien dalam pemakaiannya.
Komputer dalam keadaan mati bukan berarti tidak mengkonsumsi listrik. Tetap membutuhkan listrik tapi sangat sedikit. Untuk stand by kurang lebih memakan daya 5W, sedangkan untuk hibernate sekitar 3W…CMIIW. Dan komputer dalam keadaan mati juga membutuhkan daya listrik yang kurang lebihnya sama (kecuali jika kabel dicabut). Kelebihan dari stand by/hibernate adalah, saat menyalakan kembali, keadaan komputer masih sama persis seperti saat terakhir kita tinggalkan. Jadi kalo masih ada file word dan winamp yang masih terbuka, ya waktu kita nyalakan kembali dia akan tetap dalam keadaan terbuka seperti terakhir kita tinggal.
Stand By berarti komputer dalam keadaan “mati suri”. stand by dibedakan menjadi 2 : S1 (komputer mati tapi fan masih menyala) dan S3 (Komputer benar2 dalam keadaan seperti mati). Pengaturan S1 dan S3 bisa dilakukan via BIOS. Nah kelamahan Stand by adalah, keadaan komputer disimpan dalam RAM, sehingga bila selama stand by aliran listrik ke komputer terputus (misal: mati lampu), maka komputer akan mati dalam keadaan tanpa di shut down, dan pekerjaan yang masih kita tinggalkan juga akan tertutup seperti jika komputer dimatikan.2.

 

Hibernate hampir sama dengan Stand By S3. Bedanya adalah, meskipun pasokan listrik terputus, setting komputer terakhir akan tetap tersimpan. Jadi pekerjaan yang masih kita tinggalkan akan tetap dalam keadaan terakhir kita tinggalkan. Konsekuensinya adalah kita membutuhkan ruang dalam hard disk seukuran dengan ukuran RAM yang terpasang untuk menyimpan keadaan komputer terakhir.
Nah ada cara untuk setting stand by/hibernate otomatis bila komputer dalam keadaan idle/nganggur. Kan sering tu kita lagi ngetik trus ditinggal pergi terus lupa balik lagi, atau lagi lembur ngerjakan tugas terus ketiduran. Ini cara buat set komputer otomatis stand by/hibernate :