Central Processing Unit

Table of Contents

Central Processing Unit

Central Processing Unit
CPU (Central Processing Unit) merupakan tempat pemrosesan instruksi-instruksi program. Pada komputer mikro, prosesor ini disebut dengan microprocessor. CPU terdiri dari dua bagian utama yaitu unit kendali dan unit aritmatika dan logika. Disamping dua bagian utama tersebut, CPU mempunyai beberapa simpanan yang berukuran kecil yang disebut dengan register. Tugas  utama dari arithmetic and logic unit adalah melakukan semua perhitungan arithmatika atau matematika yang terjadi sesuai dengan instruksi program. Register merupakan simpanan kecil yang mempunyai kecepatan tinggi, lebih cepat sekitar 5 sampai 10 kali dibandingkan dengan kecepatan perekaman atau pengambilan data dari main memory.
Memori utama 
CPU hanya dapat menyimpan data dan instruksi di register yang ukurannya kecil, sehingga tidak dapat menyimpan semua informasi yang dibutuhkan untuk keseluruhan proses dan program. Untuk mengatasi hal ini, maka alat pemroses dilengkapi dengan simpanan yang kapasitasnya lebih besar yaitu main memory. Main memory atau disebut juga dengan main storage atau internal memory atau internal storage atau primary storage atau temporary storage atau immediate access storage. Memory utama terdiri dari Random Access Memory (RAM) dan Read Only Memory (ROM).
3. Alat Keluaran 
Output yang dihasilkan dari pengolahan data dapat digolongkan ke dalam 3 macam bentuk, yaitu tulisan, image, dan suara. Untuk mendapatkan bentuk-bentuk output tersebut, maka dibutuhkan alat untuk menampilkannya, yaitu alat keluaran. Alat keluaran dapat berbentuk hard copy device dan soft copy device.
Hard copy device 
Hard copy device adalah alat keluaran yang digunakan untuk mencetak tulisan serta image berupa grafik atau gambar pada media hard seperti kertas atau film. Alat output hard copy device dapat berupa printer, plotter, dan computer output to microfilm.
Soft copy device 
Soft copy device adalah alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan, image dan suara pada media soft (lunak) yang berupa sinyal elektronik. Yang termasuk dalam soft copy device adalah video display, flat panel dan speaker.