KONSUMEN DALAM ILMU EKONOMI MIKRO

KONSUMEN DALAM ILMU EKONOMI MIKRO

KONSUMEN DALAM ILMU EKONOMI MIKRO
KONSUMEN DALAM ILMU EKONOMI MIKRO

Dalam mengenal konsumen kita perlu mempelajari perilaku konsumen sebagai perwujudan dari seluruh aktivitas jiwa manusia itu sendiri.

Suatu metode didefinisikan sebagai suatu wakil realitas yang di sederhanakan. Model perilaku konsumen dapat didefinisikan sebagai suatu skema atau kerangka kerja yang di sederhanakan untuk menggambarkan aktivitas-aktivitas konsumen.

Model perilaku konsumen dapat pula di artikan  sebagai kerangka kerja atau sesuatu yang mewakili apa yang di yakinkan konsumen dalam mengambil keputusan khususnya membeli.

Adapun yang mempengaruhi faktor-faktor perilaku konsumen yaitu :

Kekuatan sosial budaya terdiri dari faktor budaya, tingkat sosial, kelompok panutan (small reference grups), dan keluarga.

Sedangkan kekuatan psikologis terdiri dari pengalaman belajar, kepribadian, sikap dan keyakinan.

Sedangkan tujuan dan fungsi modal perilaku konsumen sangat bermanfaat dan mempermudah dalam mempelajari apa yang telah diketahui mengenai perilaku konsumen.

1

Menganalisis perilaku konsumen akan  lebih mendalam dan berhasil apa bila kita dapat memahami aspek-aspek  psikologis manusia secara keseluruhan. Kemampuan dalam menganalisis  perilaku konsumen berarti keberhasilan dalam menyalami jiwa konsumen dalam memenuhi kebutuhannya.

Dengan demikian  berarti pula keberhasilan pengusaha, ahli pemasaran, pimpinan toko dan pramuniaga dalam memasarkan suatu produk yang membawa kepuasan kepada konsumen dan diri pribadinya.

1.2 Rumusan Masalah

Berdasarkan  latar belakang  permasalahan yang ada, maka dikemukakan  perumusan masalah sebagai berikut :

5        Apa  perilaku konsumen dalam Ilmu Ekonomi Mikro ?

6        Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku konsumen ?

7        Metode apa saja yang digunakan  dalam penelitian  perilaku konsumen ?

8        Apa teori dari perilaku konsumen ?

1.3 Tujuan Penulisan

Adapun tujuan  penelitian yang ingin dicapai, adalah :

1.      Untuk mengetahui apa perilaku  konsumen itu dalam  ilmu ekonomi Mikro

2.      Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku konsumen

3.      Untuk mengetahui metode apa saja yang di gunakan dalam penelitian perilaku konsumen

4.      Untuk mengetahui teori dari perilaku konsumen

Sumber : https://synthesisters.com/