Isi Peta

Table of Contents

Isi Peta

Isi Peta

Seperti yang telah disebutkan terdahulu isi peta terdiri dari tiga komponen yaitu titik, garis dan poligon (area) disamping tambahan adanya data atribut yang menyertai unsur-unsur yang disajikan. Daro data yang ada maka isi peta akan ditransfer kedalam vektor format dan raster format, tentu disamping tambahan data atribut dari unsur-unsur yang disajikan tersebut.

Jadi secara umum isi peta adalah sebagai sumber data spasial yang jika dimasukkan ke dalam SIG akan memberikan hal-hal sebagai berikut :

· Mempunyai referensi koordinat baik geografi maupun proyeksi. Mampunyai sistem yang jelas yang terreferensi dan seragam untuk satu paket atau nantinya dapat ditransfer ke satu sistem yang dipakai.
· Dapat nantinya di buat layer-layer yang mewakili tema-tema tertentu dan mempunyai hubungan atau georefrensinya sama.
· Tiap unsur spasialnya mempunyai identifikasi yang unik.

Peta sebagai salah satu sumber informasi spasial perlu dimengerti dahulu sifat-sifatnya, karakteristiknya, isi peta itu sendiri sehingga jika akan digunakan sebagai salah satu masukan data spasial ini tidak akan membuat proses menjadi terhalang akibat ketidaktahuan dari hal-hal tersebut diatas. Oleh karenanya oenanganan peta dan jika digabung dengan pengetahuan mengenai konsep dasar SIG, akan sangat membantu kelancaran penggnaan peta tersebut untuk kepentingan membangun proyek SIG.

Sumber : http://www.23hq.com/mbestarticles/photo/61681639