Cara Penerapan Sederhana Aliran Pendidikan Fungsional

Cara Penerapan Sederhana Aliran Pendidikan Fungsional

Di antara aliran filsafat pendidikan, kurtilas ingin beraliran Fungsional, yakni aliran edukasi yang menitikberatkan pada destinasi fungsional dari masing-masing konten ilmu yang bakal diajarkan.

Seorang berpengalaman bernama Harold O. Rugg bahkan memutuskan mata latihan di sekolahnya menurut keperluan konteks masyarakatnya. Sebagai contoh, ia memasukkan mapel Ekonomi Perusahaan dan Depresi Pertanian sebab ekonomi pertanian masyarakat amerika pada saat tersebut membutuhkan orang-orang yang terampil dalam urusan tersebut. Nyaris tidak terdapat mapel yang sifatnya umum laksana Ekonomi atau Geografi. Hal tersebut tidak beda dan tidak bukan agar kebermanfaatan ilmu bisa langsung dialami siswa dan bisa langsung dipraktikkan dalam kehidupan nyata (bukan berandai-andai).

Karena itu, sebagai guru yang mengampu kurtilas, hendaknya menjadikan aliran fungsional ini sebagai pendekatan yang dilaksanakan dalam melaksanakan pekerjaan belajar mengajar. Artinya, sebelum mengajarkan sebuah pelajaran, hendaknya murid harus mengetahui betul faedah ilmu yg bakal dipelajari ini untuk kehidupan nyata mereka, kehidupan yang dekat dengan mereka. “Apa manfaatnya untuk kehidupanku?”, “Hal baik apa yang bisa aku peroleh andai sudah mempelajari pelajaran ini?” dan pertanyaan-pertanyaan sejenis yang wajib untuk siswa miliki dan wajib untuk guru memberikan cerminan tentang urusan itu dalam pengantar materinya.

“Pengetahuan mengenai manfaat, fungsi, atau arah pelajaran dan mengaitkannya dengan keperluan siswa guna kehidupannya” sungguh dapat menambah secara besar semangat belajar siswa. pun mampu menciptakan siswa lebih bertahan dalam menggarap tugas-tugas rumit.

Bobbie D. Potter dalam bukunya Quantum Learning juga merumuskan cara mula untuk membangunkan motivasi belajar dengan teknik memberikan cerminan tentang “Apa guna materi ini untuk kalian?” dan sesudah siswa mengetahui manfaat tersebut dan menyadari alangkah pentingnya pelajaran itu, mereka juga akan memperhatikan dan bahkan motivasi untuk menggali sendiri demi mendapat lebih.

Sumber : http://www.how-much-is-my-website-worth.info/profile/www.pelajaran.co.id/