Makanan yang Tidak Boleh Diberikan pada Anak di Bawah 3 tahun

Makanan yang Tidak Boleh Diberikan pada Anak di Bawah 3 tahun

Dari umur 1 sampai 3 tahun, balita bakal mulai mengonsumsi lebih tidak sedikit makanan padat. Oleh karenanya, sangat urgen untuk menggali tahu jenis, jumlah, dan waktu guna menyiapkan makanan si kecil. Anda pun harus tahu susunan makanan yang tidak boleh diserahkan kepada anak di bawah 3 tahun. Selain sebab mereka masih kendala mengunyah, makanan tertentu pun dapat menambah risiko kesehatan yang serius. Jadi, apa saja makanan yang usahakan dihindari anak di bawah 3 tahun? Simak selengkapnya!

Daging atau buah dalam potongan besar
Daging dan buah ialah pilihan yang baik untuk diserahkan kepada balita. Namun ingat, tidak boleh pernah menyerahkan buah atau daging yang disajikan dalam potongan besar. Anak di bawah 3 tahun tidak dapat mengunyah makanan itu dengan baik. Jadi, pastikan bahwa Anda tidak jarang kali menyajikan buah dan daging dalam potongan yang tidak lebih banyak dari panjang ujung jari Anda.

Buah anggur utuh
Jangan berikan buah anggur yang masih utuh untuk anak di bawah 3 tahun. Hal ini karena tersebut termasuk makanan yang licin dan dapat meningkatkan risiko tersedak. Anda dapat mengakalinya dengan terlebih dahulu mengiris tipis buah itu (jangan hanya dicukur jadi dua). Atau ambil pencegahan tambahan dengan menghaluskan anggur sebelum dimakan.

Permen
Permen termasuk makanan yang keras, lengket, dan licin. Ini juga dapat meningkatkan risiko tersedak pada si kecil. Di samping itu, permen pun berisi gula, yang pastinya tidak baik guna kesehatan gigi buah hati Anda.

Selai kacang
Selai kacang mempunyai tekstur yang lengket, sehingga lumayan sulit ditelan oleh anak di bawah 3 tahun. Sebagai gantinya, Anda dapat memberikan si kecil puding bebas lemak. Di samping lebih sehat, makanan ini tidak bakal membuatnya tersedak.

Popcorn
Di samping ukurannya besar, popcorn pun mempunyai tekstur yang kering. Makanan ini terlalu susah dikunyah oleh balita, sampai-sampai risiko tersedaknya pun lumayan tinggi. Sebagai pengganti popcorn, Anda dapat memberikan setengah cawan sereal rendah gula untuk si kecil.

Sayuran mentah
Ketika bayi kita belajar mengunyah makanannya, hindari menyerahkan sayuran mentah kepadanya. Di samping teksturnya keras, sayuran mentah berisiko menularkan bakteri atau senyawa riskan kepada si kecil. Bagi itu, Anda dapat memberinya brokoli atau wortel yang dikukus hingga lembut.

Minuman bersoda
Joan Salge Blake, RD, seorang profesor ilmu kesehatan di Boston University, menyinggung bahwa minuman bersoda dapat menambah risiko obesitas, diabetes tipe 2, dan perilaku agresif pada anak-anak. Maka tidak boleh pernah menyerahkan minuman ini pada anak Anda, lagipula jika usianya masih di bawah 3 tahun.

Sumber : http://www.chillpainai.com/redirect/?www.pelajaran.co.id