Tips Kuliah di Luar Negeri

Tips Kuliah di Luar Negeri

Memperoleh beasiswa bukanlah urusan yang mudah. Berbagai tes dan uji kompetensi dilaksanakan untuk menyaring pelajar yang sungguh-sungguh berkompetensi tinggi dalam bidang tertentu. Oleh sebab itu, diperlukan sekian banyak macam trik dan tips supaya dapat meraih satu dari sekian banyak beasiswa yang ditawarkan:

1. Berburu Beasiswa

Saat ini, Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri (BPKLN) Kementerian Pendidikan Nasional meluangkan Beasiswa Unggulan (BU) yang tersingkap lebar untuk siapa saja, mulai dari fresh graduate, pegawai, hingga mereka yang berprestasi dalam bidang tertentu.

2. Menghadapi Ujian Kompetensi Bahasa Inggris
Agar bisa lolos pencatatan dengan aman, calon mahasiswa yang bakal belajar di luar negeri mesti memiliki skor TOEFL paling tidak 550 atau skor IELTS paling tidak band 6, tergantung jenis ujian mana yang dipersyaratkan universitas. Namun, terdapat pula fakultas yang mempersyaratkan nilai lebih tinggi.

3. Bergabung dengan Uniprep
Kamu anda punya mimpi kuliah di Australia, kamu dapat mengikuti sekolah persiapan. Uniprep ialah UNSW Foundation (The University of New South Wales) yang dilangsungkan di Jakarta semenjak tahun 1994. Setelah menuntaskan Uniprep, kamu dapat masuk ke kampus UNSW ataupun delapan kampus lainnya yang sedang di Australia. Educenter BSD City ialah salah satu lokasi Uniprep yang dapat kamu ambil.

4. Menyiapkan Barang Bawaan
Barang-barang yang butuh dibawa ketika akan kuliah negeri biasanya: a) Paspor dan visa, b) SIM (Surat Izin Mengemudi) yang nantinya dapat diterjemahkan sebagai bukti bahwa anda telah mengisi kualifikasi memakai kendaraan bermotor, c) Ijazah, d) Sertifikat IELTS atau TOEFL, e) Pas foto, f) Surat-surat yang diperlukan untuk pendaftaran, g) Pakaian, perlengkapan ibadah, sepatu, dan sandal, h) Makanan, i) Obat-obatan, j)Kosmetik, l) Barang elektronik (Laptop, HP, charger, dll).

5. Tempat Tinggal
Pada umumnya, universitas di luar negeri mempunyai hostel atau asrama untuk pelajarnya. Keuntungan bermukim di hostel yang sedang di lingkungan kampus ialah kemudahan akses guna kuliah, perpustakaan, laboratorium, dan tersedianya layanan internet. Dengan demikian, anda tak butuh lagi mengeluarkan ongkos transportasi dari lokasi tinggal ke kampus.

6. Cara Belajar
Saat kuliah di luar negeri, anda dituntut guna benar-benar berdikari dan tidak melulu mengandalkan pelajaran yang disiapkan oleh dosen. Dosen melulu memberikan referensi buku-buku yang mesti dipelajari guna mata kuliah yang dia ampu. Bagi menyiasati teknik belajar laksana itu, anda harus mempunyai pengaturan masa-masa yang baik supaya semua tugas dapat ditamatkan tepat waktu.

http://www.skyrock.com/r?url=https://www.pelajaran.co.id