Tingkatkan Minat Baca, Disdik Jabar Gelar Workshop

Tingkatkan Minat Baca, Disdik Jabar Gelar Workshop

Tingkatkan Minat Baca, Disdik Jabar Gelar Workshop
Tingkatkan Minat Baca, Disdik Jabar Gelar Workshop

Sebagai upaya menumbuhkan minat membaca dan menulis pada siswa,

Dinas Pendidikan Jawa Barat (Disdik Jabar) menggelar Workshop Pengembangan Minat Baca bagi Siswa SMA di Jawa Barat Tahun 2018. Total peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah sebanyak 450 siswa, yang dibagi kedalam tiga angkatan. Pada angkatan pertama, kegiatan dimulai pada 13-16 November 2018, di Grand Hotel Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Pelatih dalam Workshop Pengembangan Minat Baca bagi Siswa SMA, sekaligus Widyaiswara Disdik Jabar, Eep Saeful RF mengatakan kegiatan pengembangan minat baca pada siswa SMA tersebut, dilaksanakan dalam rangka gerakan literasi sekolah. Sebelumnya, telah dilaksakan workshop strategi pembelajaran berbasis literasi bagi para guru.

“Sehingga guru tersebut dapat membimbing siswanya dalam membuat karya tulis,

yang dikirimkan pada kegiatan ini. Hal tersebut dirangkai agar guru dan siswa saling mendukung satu sama lain,”  ujar Eep saat ditemui pada kegiatan workshop, Rabu, 14 November 2018.

Eep mengatakan kegiatan pada workshop kali ini adalah para siswa akan diberikan kesempatan untuk dapat mencintai kegiatan membaca. Mereka dapat saling berbagi pengalaman membaca bersama teman sebaya, maupun dari tokoh penulis. Para tokoh penulis inspiratif yang akan memberi pembekalan diantaranya adalah Tethy Ezokanzo yang telah menulis sekitar 150 buku. Kemudian, diundang pula Ali Muakhir yang telah menulis sekitar 300 buku.

“Kami akan berikan sharing ini kepada siswa SMA, dan juga mereka dibimbing

dan diberikan pengalaman dalam menulis dan membaca,” ujar Eep.

Selain itu, Eep juga mengatakan telah mengundang  dua mahasiswa dari Univeristas Padjajaran (Unpad). Mereka merupakan alumni SMAN 1 Cisarua, yang telah berprestasi berkat kebiasaannya dalam hal membaca. Kebiasaan tersebut telah mereka bangun semenjak duduk di bangku SMA.

Eep menjelaskan salah satu gerakan literasi yang mengikutsertakan para siswa adalah Program West Java Leaders Reading Challenge (WJLRC). Sekarang, kegiatan tersebut sudah banyak melahirkan alumni, salah satunya akan diundang pada kegiatan workshop tersebut. Para alumni telah merasakan bahwa aktifitas membaca, akan membekali mereka untuk terbiasa menjadi pembaca yang baik.

“Dengan menjadi pembaca yang baik, hal tersebut akan menjadikan para siswa berprestasi. Sehingga kami mengundang dua orang alumni yang akan hadir untuk menjadi inspirasi bagi adik-adiknya yang ada di SMA sekarang,” ujar Eep.***

 

Baca Juga :