MEMBACA BUKU KULIAH TANPA MUDAH LELAH

7 TIPS MEMBACA BUKU-BUKU KULIAH TANPA MUDAH LELAH

Mahasiswa tentu tidak bakal lepas dari tugas membaca. Buku-bukunya tentu juga tidak sedikit dan tebal-tebal. Kalau anda termasuk malas membaca, pastinya anda akan menderita. Namun, untuk penyuka buku, deadline tugas yang terlalu berdampingan juga masalah. Makanya, kamu perlu tips menyimak buku-buku kuliah tanpa gampang lelah.

Di samping rasa malas, ada sejumlah faktor beda yang menjadi penyebab anda lelah ketika membaca kitab kuliah. Selain sebab kelelahan, dapat jadi bukunya tidak cukup menarik. Bahkan, yang suka menyimak pun punya opsi genre yang sangat digemari. Tapi, sebab wajib, anda tetap mesti menyimak buku-buku yang barangkali terasa membosankan.

Nah, usahakanlah tujuh (7) tips menyimak buku-buku kuliah tanpa gampang lelah ini:

Kuatkan niat dan ingat komitmen untuk menuntaskan kuliah
Inilah di antara tips menyimak buku-buku kuliah tanpa gampang lelah sangat kesatu. Apa juga yang dilaksanakan dengan niat yang kuat, hasilnya bakal sepadan. Lagi pula, anda juga hendak segera menuntaskan tugas, bukan?

Pilih masa-masa yang tepat guna membaca
Jangan memaksakan diri menyimak bila telah mengantuk atau juga lelah. Pilihlah masa-masa yang sangat tepat dan nyaman bagimu. Ada yang lebih nyaman menyimak saat pagi hari, sebab pikiran masih segar. Ada yang dapat melakukannya ketika jam tidur di kampus atau justeru sebelum tidur.

Temukan posisi sangat nyaman ketika membaca
Ini pun tips menyimak buku-buku kuliah tanpa gampang lelah. Posisi duduk tegak tanpa mesti tegang ialah yang sangat tepat. Kamu tidak bakal cepat merasa pegal atau merasakan kram pada leher dan punggung. Kalau menyimak sambil berbaring atau terlampau bersandar, yang ada anda malah jatuh tertidur.

Pilih lingkungan yang sangat nyaman dan menyehatkan guna membaca
Hindari menyimak di dalam gelap, sebab dapat merusak penglihatanmu. Di samping itu, mungkin anda lebih suka menyimak dalam keadaan sunyi dan tenang, laksana di perpustakaan atau kamar tidur. Ada pun yang dapat tahan menyimak di lokasi ramai, laksana di kafe kampus.

Ada pun yang menyimak sambil memperhatikan musik. Yang pasti, pilihlah yang sangat membuatmu nyaman saat menyimak buku.

Siapkan camilan dan minuman pembangkit semangat
Tidak hendak otakmu terlampau lelah ketika membaca? Siapkan snack, teh, atau kopi supaya energi otakmu terjaga. Tidak butuh makanan yang berat-berat, kue-kue kecil pun bisa. Bahkan, bila mau lebih sehat, sediakan buah-buahan dan minuman air putih guna menemanimu membaca.

Beri target menyimak harian secara realistis.
Ini tidak melulu berlaku sebagai tips menyimak buku-buku kuliah tanpa gampang lelah. Kamu juga dapat menyelesaikan tugas menyimak secara lebih efektif.

Misalnya: sekali membaca, ternyata anda kuat menuntaskan 10 halaman atau bahkan satu bab. Bila ternyata anda punya masa-masa luang dua kali untuk menyimak (seperti pagi hari dan malam sebelum tidur), berarti anda kuat menyimak 20 halaman atau dua bab per hari. Jadikan tersebut sebagai target harian cocok kemampuanmu.

Gunakan bookmark berwarna dan motif unik untuk menandai halaman terakhir yang dibaca
Jangan malas untuk memakai bookmark, lagipula bila bukunya anda pinjam dari perpustakaan kampus. Daripada melipat halamannya, lebih baik pakai bookmark sebagai penanda halaman terakhir yang anda baca. Pilihlah yang berwarna terang dan motif menarik supaya tambah motivasi membaca.

Inilah tujuh (7) tips menyimak buku-buku kuliah tanpa gampang lelah. Jangan tak sempat luangkan masa-masa istirahat untuk matamu, ya. Di samping itu, hindari menyimak lebih dari satu kitab dalam masa-masa bersamaan. Yang ada, anda malah kewalahan sebab tidak dapat menyerap seluruh informasi bertolak belakang sekaligus. Sumber : www.pelajaran.co.id/