Mewujudkan Kerja Sama dalam Berbagai Lingkungan Kehidupan

Mewujudkan Kerja Sama dalam Berbagai Lingkungan Kehidupan

Mewujudkan Kerja Sama dalam Berbagai Lingkungan Kehidupan
Kerja mirip telah jadi akar budaya penduduk Indonesia. Secara turun temurun, kerja mirip dalam bermacam kehidupan telah dijalankan oleh masyarakat. Hal ini di dorong oleh kodrat manusia sebagai makhluk sosial yang pada dasarnya dalam mencukupi keperluan hidupnya selalu perlu dukungan dari orang lain.

Salah satu nilai luhur bangsa Indonesia adalah gotong royong. Sebagai cii-ciri bangsa, gotong royong telah tumbuh, & hidup dengan dalam bangsa di Indonesia. Gotong royong yang dalamnya terdapat unsur kerja mirip bisa dijalankan dalam bermacam lingkungan kehidupan, yaitu kehidupan sekolah, kehidupan masyarakat, kehidupan bangsa & bernegara.

1. Kerja mirip dalam kehidupan keluarga

Keluarga merupakan lingkungan pertama & lingkungan yang paling efisien untuk menanamkan nilai-nilai, termasuk kerja sama. Dalam keluarga, tiap tiap orang mempunyai kedudukan & peran masing-masing. Misal; Ayah adalah kepala keluarga, ia bertugas melacak nafkah. Selain itu Ayah termasuk adalah pemimpin keluarga yang bertugas mengarahkan seluruh bagian keluarga supaya jadi baik. Dalam menggerakkan tugasnya, Ayah dibantu oleh Ibu. Ibu bertugas mengatur rumah & melindungi dan juga edukatif anak-anak. Dalam mengatur rumah, pasti ibu tidak bekerja sendirian, melainkan dibantu oleh bagian keluarga lainnya. Anak-anak perlu menolong ibu mengerjakan pekerjaan rumah, seperti menyapu, menyiram tanaman, dll.

2. Kerja mirip dalam kehidupan sekolah
Kerja mirip di sekolah didasarkan rasa saling menolong & saling menyayangi. Mulai kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dewan guru, staf, komite sekolah, & pasti saja para siswa saling menolong & saling menyayangi. Kerja mirip di sekolah pasti benar-benar diperlukan sebab kesibukan di sekolah tidak akan berjalan kalau komponen-komponen yang berada di sekolah tidak bekerja mirip antara satu & yang lain. Misal;
Kepala sekolah bertugas memimpin sekolah & menyebabkan program-program sekolah.
Guru bertugas edukatif anak-anak & menggerakkan program-program yang telah ditetapkan.
Penjaga sekolah bertanggungjawab melindungi kebersihan & bersama satpam melindungi keamanan sekolah.
Para siswa selain berkewajiban studi dengan sungguh-sungguh, termasuk perlu ikut dan juga memelihara lingkungan sekolah & menaati ketentuan & tata teratur yang berlaku di sekolah.
Cara menumbuhkan motivasi kerja mirip di lingkungan sekolah, bisa dilaksanakan, dengan cara berikut;
Berpartisipasi secara aktif menyusun & melakukan ketentuan sekolah.
Laksanaan ketentuan sekolah. Peraturan sekolah sekiranya ditaati akan membentuk sekolah itu jadi sekolah yang tertib.
Tentukan & meraih obyek bersama. Semua sekolah punyai visi & misi. Sebagai obyek dengan sebuah sekolah yang disusun & inginkan diraih oleh warga sekolah. Visi & Misi sekolah hendaknya diketahui seluruh warga sekolah & seluruh warga sekolah memahami tugas & bertanggungjawab untuk meraih obyek dengan itu.
Selalu bekerja sama. Jangan memandang rendah peserta didik lain supaya tidak pernah diajak kerja sama. Mungkin saja peserta didik yang pendiam punyai banyak gagasan & gagasan.
Tidak menyebabkan masalah, di kelas terkadang ada saja sumber konflik sekiranya peserta didik yang malas mengerjakan tugas piket. Sumber konflik perlu dicegah supaya tidak meruncing & merusak keadaan kelas.
Saling menjunjung & memberikan penghargaan. Kehidupan di sekolah akan jadi baik kalau seluruh peserta didik bisa saling menghargai. Memberikan penghargaan seperti dengan mengucapkan menerima kasih maupuun memuji teman akan menaikkan rasa pertemanan di sekolah.
Saling percaya. Jika keyakinan antar peserta didik hilang, sulit terbentuknya kerja sama. Membiarkan keadaan yang saling tidak percaya antar peserta didik bisa menyebabkan konflik.
3. Kerja mirip dalam kehidupan masyarakat
Dalam lingkungan masyarakat, banyak sekali kesibukan yang perlu kerja sama, seperti bisa berbentuk kerja bakti bersihkan lingkungan, bersama membangun jalan & jembatan, kesibukan ronda malam. Hingga kesibukan kerja bakti perayaan-perayaan hari besar nasional. Demikian juga, sekiranya berjalan masalah, seperti bencana alam/minimnya sarana sosial (dalam bidang pendidikan, perhubungan, ekonomi, dll) penduduk bisa bekerja mirip berupaya bermacam bantuan. Berbagai kasus itu bisa diupayakan penyelesaiannya lewat kerja mirip yang jadi normalitas dalam penduduk kita, seperti musyawarah/gotong royong. Mereka tidak cuma independen dalam berupaya kemajuan bersama, tapi termasuk ikut terlibat secara aktif untuk merampungkan bermacam kasus sosial.

4. Kerja mirip dalam kehidupan berbangsa & bernegara
Mewujudkan kerja mirip antar sesama warga negara dalam kehidupan berbangsa & bernegara bisa dijalankan dengan cara;
Berperan aktif dalam menolong pelaksanaan program-program dari pemerintah,
Warga negara bekerja mirip dengan pemerintah dalam pembangunan dengan membayar pajak,
Menyelenggarakan peringatan hari besar keagamaan & hari besar nasional yang di atur oleh pemerintah.

Demikianlah ulasan mengenai Mewujudkan Kerja Sama dalam Berbagai Lingkungan Kehidupan, yang pada peluang kali ini, bisa dibahas dengan lancar. Semoga ulasan di atas bermanfaat & menerima kasih telah menyempatkan diri untuk datang ataupun membaca. Kiranya lumayan sekian, kurang lebihnya mohon maaf & sampai jumpa.

Baca Juga :