Pengertian dan Definisi Biosfer

Pengertian dan Definisi Biosfer

Pengertian dan Definisi Biosfer

 

Kali ini belajar biologi akan menjelaskan tentang pengertian biosfer dan definisi biosfer.

Pengertian biosfer untuk pertama kali oleh peneliti bidang geologi Eduard Suess pada tahun 1875 sebagai “Tempat di permukaan Bumi dimana kehidupan tinggal/ place on Earth’s surface where life dwells“. Pengertian biosfer kemudian di katakan bahwa Vernadsky mendefinisikan ekologi sebagai ilmu yang mempelajari Biosfer.
Biosfer sendiri memang berasal dari istilah geologi yang merupakan pemahaman dari peneliti besar seperti Darwin dan Maury tentang ilmu ilmu Bumi. Pengertian biosfer selain itu adalah lapisan lingkungan di permukaan bumi, air, dan atmosfer yang mendukung kehidupan organisme. Jadi, biosfer (Biosphere) merupakan ruang hidup bagi tumbuhan, hewan, dan manusia.

Secara etimologi pengertian biosfer berasal dari kata hidup (bio) dan sphere (lapisan).

Oleh karena itu, pengertian biosfer merupakan lapisan kehidupan (baik flora dan fauna) yang terdapat di permukaan bumi. Dalam arti lain dapat pula dikemukakan bahwa pengertian biosfer merupakan seluruh ruang hidup yang ditempati organisme.
Menurut Vladimir vernadsky (1929) pengertian biosfer adalah lapisan bumi yang dihuni oleh makhluk hidup yang berinteraksi dengan lingkungannya, termasuk di dalamnya adalah atmosfer, litosfer, dan hidrosfer.
Menurut James Lovelock bahwa pengertian biosfer berdasarkan hipotesis gaia nya bahwa biosfer adalah organisme hidup. Dia menjelaskan dalam biosfer, di bumi terjadi interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan atau faktor abiotik dan biotik sehingga terlihat seperti organisme yang hidup.

Pengertian Biosfer oleh John Wiley, , biosfer adalah

zona dari planet bumi di mana kehidupan terjadi secara alami (zones of the planet Earth where life occurs naturally), diperluas dari lapisan bumi dengan atmosfer yang lebih rendah (expanded from a layer of earth with the lower atmosphere) .
Pengertian biosfer (Biosphere) menurut geofisikologi, bahwa definisi biosfer adalah sistem ekologi global dan seluruh mahluk hidup dan hubungan antar mereka termasuk interaksinya dengan unsur litosfer (litosphere)  (batuan) hidrosfer (hidrosphere) (air) atmosfer (udara) bumi.

Biosfer terbentuk dari adanya interaksi atau persentuhan (intersection)

dengan bagian lain dari unsur geosfer (geosphere) yang meliputi seperti hidrosfer (hidrosphere) , litosfer (litosphere)  dan atmosfer (atmosphere). Cakupan Biosfer (biosphere) melingkupi udara, tanah dan air yang merupakan lapisan tipis yang merupakan sekitar 8000 meter diatas permukaan tanah ke arah atmosfer, dan terakhir sekitar 9000 meter ditemukan makhluk hidup ke arah kedalaman laut. Sejauh yang diketahui manusia, hanya pada lapisan biosfer (biosphere) inilah dijumpai adanya kehidupan organisme.