Kelebihan Badan Usaha Perusahaan Perorangan

Kelebihan Badan Usaha Perusahaan Perorangan

Kelebihan Badan Usaha Perusahaan Perorangan
Kelebihan Badan Usaha Perusahaan Perorangan

 

Kelebihan Badan Usaha Perusahaan Perorangan

  • Mudah didirikan dan membubarkannya
  • Pemilik memegang kendali penuh atas rencana, modal, kebijakan dan keputusan manajemen usahanya serta hanya tunduk pada peraturan perundangan yang berlaku.
  • Manajemen bersifat fleksibel

Pemilik menerima seluruh keuntungan yang diperoleh perusahaan

Biaya pengorganisasian dan pembubaran rendah

Pemilik dapat menjual bisnisnya kepada siapa saja yang dikehendaki

Perusahaan perorangan tidak membayar pajak penghasilan sebagai bisnis tersendiri.

 

Orang yang menginginkan bentuk badan usaha yang paling murah, sederhana, dikelola sendiri, bersifat rahasia dan luwes akan memilih bentuk badan usaha perorangan. Akan tetapi, terdapat beberapa kelemahan dari badan usaha perorangan yaitu sebagai berikut:

Kekurangan Badan Usaha Perusahaan Perorangan

  • Keterbatasan jumlah modal yang dapat di investasikan. Kelemahan utama dari perusahaan perorangan adalah keterbatasan modal yang bisa diinvestasikan oleh seseorang. Pemberi pinjaman biasanya juga enggan meminjamkan dananya kepada pemilik kecuali jika kejujuran pribadi dan kemampuan pemilik tidak diragukan.
  • Tanggung jawab pemilik terhadap risiko tidak terbatas.
  • Dalam kasus tertentu, keuntungan atau laba yang tinggi akan mengakibatkan pemilik dikenai tarif pajak penghasilan yang lebih tinggi dari pada bentuk perseroan.

Pemusatan kendali hanya pada perseorangan

pemilik dapat mengurangi motivasi para karyawan yang ingin turut serta ambil bagian secara finansial dalam bisnis di tempat kerja.

Kematian atau ketidakcakapan pemilik akan mengakibatkan berakhirnya bisnis.

Bagaimana? Sudah tahu apa pengertian perusahaan perorangan dan kelebihan serta kekurangan salah satu macam bentuk badan usaha ini. Baca juga artikel tentang pengertian badan usaha dan macam macam badan usaha beserta bentuknya
baca juga ;