MENEMUKAN HAL- HAL MENARIK DALAM DONGENG

Menemukan hal-hal menarik dalam dongeng Dongeng adalah cerita rekaan dari mulut ke mulut yang tidak jelas kebenarannya. Biasanya dongeng berisi tentang hal-hal yang fantastis, dan di luar logika. Banyak sekali dongeng yang beredar di dunia ini, dan semuanya tidak mempunyai pengarang yang jelas.
DONGENG
DONGENG
Dongeng biasanya membawa pesan-pesan moral yang bisa kita petik sebagai pelajaran. Dari Indonesia sendiri, kita sangat mengenal dongeng tentang kancil, banyak sekali versi dongeng kancil yang beredar di Indonesia. Hampir semua orang mengenal dongeng ini.
Dalam dongeng, terdapat hal-hal menarik yang menjadikan dongeng menjadi cerita yang asyik di baca atau didengar. Kita bisa menemukan hal-hal menarik yang terdapat dalam dongeng dengan cara menganalisis unsur intrinsiknya.
Yang termasuk unsur intrinsik dongeng yaitu :
1. Tema
2. Tokoh,
3. Setting/Latar
4. Alur/Plot
5. Sudut pandang
6. Amanat

Table of Contents

Jenis-Jenis Dongeng

Dongeng juga mempunyai jenis yang beragam, yaitu :
1. Mite, yaitud ongeng yang menceritakan kehidupan makhluk halus, setan, hantu, ataupun dewa-dewi.
2. Legenda, yaitu dongeng yang diciptakan masyarakat sehubugan dengan keadaan alam dan nama suatu daerah.
3. Sage, adalah dongeng yang di dalamnya mengandung unsur sejarah, namun tetap sukar dipercaya kebenaranya karena unsur sejarahya terdesak oleh unsur fantasi.
4. Fabel, adalah dongeng yang mengangkat kehidupan binatang sebagai bahan ceritanya.
5. Parabel, adalah dongeng perumpamaan yang di dalamnya mengandung kiasan-kiasan yang bersifat mendidik.
6. Dongeng orang pendir, yaitu jenis cerita jenaka yang di dalamnya dikisahkan kekonyolan-kekonyolan yang menimbulkan gelak tawa dari tingkah laku seseorang karena kebodohannya, bahkan sering kali karena kecerdikannya.

Baca Juga : Konjungsi Temporal