Waspada Tukar Uang di Jalanan

Waspada Tukar Uang di Jalanan

Waspada Tukar Uang di Jalanan
Waspada Tukar Uang di Jalanan

BANDUNG-Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat,

menghimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan penukaran uang baru di jalan-jalan yang biasanya banyak tersebar di sejumlah tempat selama bulan Ramadhan.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, Rosmaya Hadi menyatakan, pihaknya tidak menjamin jika dalam proses penukaran uang tersebut ditemukan adanya uang palsu.

“Apabila masyarakat menukar uang itu di jalan, di orang-orang

tertentu yang kita tidak pernah tahu siapa orang itu sebenarnya dan bagaimana uang yang kita tukarkan, ini kan mengandung resiko, BI tidak bisa menjamin bahwa itu benar-benar asli,” ucapnya.

Oleh karena itu Rosmaya menghimbau, kepada masyarakat yang akan menukarkan urang, untuk datang langsung ke bank-bank maupun BPR yang sudah melakukan kerjasama dengan BI.

“Untuk penukaran uang ini, BI telah melakukan kerjasama dengan 71 bank dan 21 BPR, dengan 154 kantor cabang bank dan 23 kantor cabang BPR,” ujarnya.

Rosmaya menambahkan, untuk tahun ini pihak BI telah

menyiapkan uang kartal sekitar Rp 16, 47 triliun berbagai jenis pecahan, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang akan melakukan penukaran uang.

“Untuk nilai nominal Rp 20.000 ke atas, BI telah menyiapkan sebanyak Rp 15,1 triliun dan untuk pecahan Rp 10.000 kebawah, BI hanya menyediakan sekitar Rp1, 2 triliun,” katanya.

 

Sumber :

http://softwarelivre.org/ojelhtc88/blog/jangka-sorong