Inilah Rekomendasi Hasil Rakerwil MP BPJS Korwil Jabar

Inilah Rekomendasi Hasil Rakerwil MP BPJS Korwil Jabar

Inilah Rekomendasi Hasil Rakerwil MP BPJS Korwil Jabar
Inilah Rekomendasi Hasil Rakerwil MP BPJS Korwil Jabar

BANDUNG- Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Masyarakat Peduli

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (MP BPJS) se-Jawa Barat yang berlangsung di Prime Park Hotel, Jalan PHH Mustopa, Kota Bandung, Sabtu (4/6) lalu melahirkan rekomendasi eksternal dan internal.

“Dalam rekomendasi eksternal antara lain kami mengusulkan kepada BPJS untuk membentuk kantor cabang (kancab) BPJS di seluruh kabupaten/kota Regional Jawa Barat,” kata Koordinator Wilayah MP BPJS Provinsi Jawa Barat, Dr. Asep Sahid Gatara, didampingi Sekretaris Wilayah Marnawi Munamah, di Bandung kepada jabarprov.go.id, Senin (6/6).

Rekomendasi eksternal lainnya, jelas Asep, MP BPJS Korwil

Jabar mendesak kepada seluruh Rumah Sakit Mitra BPJS untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan terhadap pasien peserta BPJS berasas nilai-nilai kemanusiaan dan keadilan sosial.

Selain itu, MP BPJS Korwil Jabar mendorong Gubernur Jawa Barat untuk bersinergi dengan segala lapisan masyarakat dan sektor swasta untuk ikut membangun kesadaran dan partisipasi masyarakat Jawa Barat dalam percepatan peningkatan Kepesertaan BPJS, dan mendorong adanya perbaikan pelayanan kesehatan masyarakat Jawa Barat sesuai dengan amanat UUD 1945, perundang-undangan BPJS dan peraturan-peraturan daerah terkait.

“Kepada segala pihak pemangku kepentingan, kami menyampaikan rekomendasi

untuk terus melakukan penilaian dan pempublikasian berbagai catatan secara kritis terkait kinerja BPJS kesehatan dan BPJS ketenagakerjaan sebagai bahan evaluasi dan proyeksi Presiden RI, DPR RI, DJSN RI dan kementerian terkait,” katanya.

Sedangkan rekomendasi internal yang dihasilkan dalam Rakerwil MP BPJS Jabar tersebut, menurut DR. Asep, terdiri dari empat hal. Pertama, berperan serta mendorong partisipasi masyarakat dalam rangka meningkatkan kepesertaan BPJS kesehatan dan BPJS ketenagakerjaan di Wilayah Jawa Barat melalui sosialisasi, publikasi, rekrutmen door to door, penguatan jaringan komunikasi dan informasi.

Kedua, menjalin program kerja sama dengan BPJS kesehatan dan BPJS ketenagakerjaan, serta instansi pemerintah dan swasta terkait urgensi perluasan kesadaran dan kepesertaan Jaminan Sosial Nasional di wilayah Jawa Barat.

Ketiga, menghimbau kepada seluruh Kordinator Cabang (Korcab) Se-Jawa Barat untuk melaksanakan Rapat Kerja Cabang (Rakercab)di setiap Cabang MP BPJS dalam rangka mendorong peningkatan kapasitas dan konsolidasi organisasi guna meningkatkan kesadaran dalam jaminan sosial dan meningkatnya kepesertaan BPJS;

Keempat, mendukung Kornas MP BPJS untuk melaksanakan program pelatihan sertifikasi ahli jaminan sosial kerjasama dengan Dewan Jaminan Sosial nasional (DJSN) RI, BPJS dan instansi pemerintah lainya.

“Rekomendasi hasil Rakerwil tersebut merupakan penguatan terhadap hasil Rakornas MP BPJS di Jakarta pada tanggal 30 April 2016,” pungkasnya. (Adi)

 

Baca Juga :