Contoh Surat Memo / Memorandum Paling Lengkap

Contoh Surat Memo / Memorandum Paling Lengkap

Contoh Surat Memo / Memorandum Paling Lengkap – Surat memo atau kerap disebut bersama memorandum merupakan keliru satu type surat yang masih seringkali dipergunakan hingga saat ini. Ada banyak fungsi berasal dari type surat yang satu ini dan pada umumnya dipergunakan oleh seorang pimpinan dan ditujukan kepada bawahannya, seperti semisal memo resmi ataupun semisal memo internal perusahaan.

Jika disimpulkan bersama sederhana, maka pengertian surat memo adalah pesan yang ditulis secara singkat, padat, dan jelas, serta ringan untuk dipahami. Ada banyak type memorandum yang kerap dipergunakan, seperti semisal surat memo resmi, semisal surat memorandum perusahaan, semisal surat memo dan nota dinas, semisal surat memorandum dinas, dan lain sebagainya. Memorandum termasuk keliru satu semisal surat resmi, meskipun sesungguhnya mampu dipergunakan secara pribadi.

Pada pemanfaatan sehari – hari, memorandum lebih didominasi oleh pemanfaatan internal suatu badan usaha ataupun instansi dan termasuk instansi pemerintahan. Adapun semisal memo perusahaan terbaru seandainya ditulis oleh atasan dan ditujukan kepada bawahannya. Sementara pemanfaatan memorandum untuk pihak eksternal, terbilang terlampau jarang dipergunakan.

Berbeda bersama surat umumnya pada umumnya, surat memo atau memorandum selamanya ditulis bersama sesingkat mungkin, tetapi selamanya mesti padat dan jelas, serta ringan dipahami oleh penerima memo. Seringkali termasuk memorandum tidak menggunakan kop surat, seperti semisal memo internal perusahaan atau semisal memorandum perusahaan.

Sebagaimana kami ketahui bersama, penulisan surat memo selamanya dibuat sesingkat barangkali dan seringkali mengorbankan anggota – anggota tertentu dalam sebuah surat. Namun tidak sedikit termasuk yang menulis semisal memo resmi tanpa menghalau unsur – unsur surat resmi. Di bawah ini adalah keliru satu semisal surat memo resmi yang mampu anda pergunakan sebagai bahan referensi.

PEMERINTAH KOTA MEDAN

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Kota Medan Provinsi Sumatera Utara

Jl. Pageran Diponegoro No. 123, Medan

Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

MEMO

Dari : Kepala Dinas Pendidikan & Kebudayaan

Kepada : Kepala Bagian Keuangan

Tolong sampaikan kepada seluruh anggota Bagian Keuangan untuk menyiapkan diri dalam rapat laporan membeli bulanan, yang akan dilakukan pada hari Senin, 25 Maret 2020. Dan dikehendaki sehingga seluruh anggota tidak tersedia yang absen dalam rapat laporan keuangan tersebut.

Medan, 18 Maret 2020.

Kepala Dinas Pendidikan & Kebudayaan,

Anton Syahputra.

NIP. 76756423 5232 6233.

 

Baca Juga: