Cara Mudah Membaca dan Memahami Teks Drama

Cara Mudah Membaca dan Memahami Teks Drama

Cara Mudah Membaca dan Memahami Teks Drama
Cara Mudah Membaca dan Memahami Teks Drama

A. Latar Suasana Drama

Drama adalah proses lakon sebagai tokoh dalam peran, mencontoh, meniru gerak pembicaraan perseorangan, menggunakan secara nyata dari perangkat yang dibayangkan, penggunaan pengalaman yang selalu serta pengetahuan, karakter dan situasi dalam satuan lakuan, dialog, monolog, guna menghindarkan peristiwa dan rangkaian cerita-cerita tertentu (Wood dan Attfield, 1996 dalam sariana, 2010:60).

contoh teks ulasan guru pendidikan – Latar atau setting mengandung pengertian tempat, hubungan waktu, dan lingkungan sosial tempat terjadinya peristiwa.

Latar dibagi menjadi tiga, yaitu :

  1. Tempat
  2. Waktu
  3. Suasana

B. Konflik Dalam Drama

Intisari dalam drama/teater adalah konflik. Karena dengan adanya konflik maka cerita tersebut menjadi menarik untuk ditampilkan dan dinikmati. Konflik dapat membuat penonton tertarik untuk terus mengikuti atau menyaksikan pementasan drama.

Apa itu Konflik? Konflik yaitu terjadinya tarik-menarik antara kepentingan-kepentingan yang berbeda, sehingga lakon berkembang dalam suatu gerak alur yang dinamis.

Sudahkah kalian mengenal unsur intrinsik ?? apabila belum, mari kita mempelajari unsur intrinsik . unsur intrinsik merupakan unsur yang berada didalam karya sastra.

Unsur intrinsik dibagi menjadi beberapa bagian diantaranya alur, penokohan/perwatakan, amanat , tema, gaya, sudut pandang dan masih banyak lagi.

C. Menentukan Alur Dalam Naskah Drama

Setiap cerita baik itu naskah drama ataupun cerpen mempunyai alur. Menarik dan tidaknya sebuah cerita tergantung pada alurnya. Peristiwa yang terjadi secara berurutan dari awal hingga akhir biasanya menggunakan alur maju.

Adegan atau cerita dari akhir menuju ke peristiwa semula menggunakan alur mundur atau flashback dapat juga disebut back campuran. Alur campuran terdapat pada drama atau novel. Naskah drama dapat juga beralur maju, mundur atau campuran.

D. Menentukan Perwatakan Dalam Diri Tokoh

Dalam kehidupan sehari-hari kita mengenal bermacam-macam penokoha. Sifat manusia yang nyata dalam kehidupan, tercermin dalam cerita puisi yang berupa naskah drama.

Sifat tokoh yang keras, sombong, angkuh, egois terdapat pada tokoh antagonis yaitu tokoh yang menjadi pesaing tokoh utama. Sifat tanggung jawab, baik hati dan pengertian terdapat pada tokoh protagonis yaitu tokoh utama.

Kalian pasti lebih berpihak pada tokoh protagonis, bukan ?? karena tokoh ini menjadi tokoh idola bagi penonton. Jika kita melihat adegan drama atau sebuah film pastinya membenci pada tokoh antagonis. Memang, tokoh antagonis perlu dihadirkan dan juga merupakan tokoh pokok dalam cerita. Tanpa kehadiran tokoh antagonis, maka cerita/drama itu tidak menjadi seru.

E. Menentukan Amanat Dalam Teks Drama

Kalian pastinya pernah mendapatkan amanat dari orang tua atau teman. Amanat yang kamu terima seharusnya disampaikan sesuai dengan isinya. Amanat itu bersifat langsung. Amanat yang bersifat tidak langsung terdapat pada naskah drama atau cerita lain yang berbentuk novel, cerpen dan cerbung.

Pesan atau amanat dalam teks drama berasal dari pengarang ditunjukan kepada pembaca atau penonton melalui hasil dari pementasan. Pengarang dalam teks drama diistilahkan skenario yaitu penulis teks drama.