Kenali 6 Gejala dan Tanda Trigeminal Neuralgia

Kenali 6 Gejala dan Tanda Trigeminal Neuralgia – Trigeminal neuralgia lazimnya ditandai oleh sejumlah gejala awal, laksana nyeri di wajah. Rasa nyeri seringkali terjadi secara sepontan dan dalam masa-masa singkat. Namun, andai kondisi ini dibiarkan, lama kelamaan bakal berkembang lebih berat, baik dari segi nyeri yang dirasakan pasien dan masa-masa serta intensitas timbulnya nyeri.

Oleh sebab itu, pakar nyeri dari Klinik Nyeri dan Tulang Belakang Jakarta, dr. Mahdian Nur Nasution, SpBS mengungkapkan pentingnya guna mengetahui sejumlah tanda dan fenomena yang sering hadir pada pasien dengan trigeminal neuralgia supaya tidak mengganggu aktivitas. Berikut ulasannya.

1. Nyeri baik yang mempunyai sifat ringan sampai berat. Umumnya rasa nyeri yang dialami pasien laksana nyeri sengatan listrik, dan tidak jarang datang secara tiba-tiba.

2. Nyeri spontan yang dirangsang oleh hal-hal kecil laksana menyentuh wajah, mengunyah, berkata atau ketika sedang menggosok gigi.

3. Nyeri trigeminal neuralgia dapat berlangsung sejumlah detik hingga sejumlah menit. Pada situasi yang berat, nyeri muncul setiap ketika bahkan sampai berbulan-bulan sampai menimbulkan ketidaknyamanan penderitanya.

4. Nyeri yang terjadi pada pasien khas, di wilayah wajah yang dilewati saraf trigeminal tergolong diantaranya lokasi pipi, rahang, gigi, gusi, bibir sampai sekitar mata dan dahi.

5. Nyeri trigeminal seringkali terfokus pada satu titik. Meski tidak menutup bisa jadi nyeri lantas menyebar menyusun pola yang lebih luas di wajah.

6. Nyeri seringkali menjadi lebih sering hadir dari waktu ke waktu dengan derajat nyeri yang lazimnya lebih berat.

Baca Juga: