Kecemasan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Praktik Komputer Siswa Harus Rutin

Kecemasan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Praktik Komputer Siswa Harus Rutin – Pendidikan adalah salah satu sektor urgen dalam pembangunan di masing-masing negara.

Berdasarkan keterangan dari Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 mengenai sistem Pendidikan Nasional, menjelaskan bahwa edukasi adalah usaha sadar dan terencana guna mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran supaya siswa secara aktif mengembangkan potensi dirinya guna mempunyai kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecemasan, akhlak mulia, serta kemampuan yang dibutuhkan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Pemerintah sudah mengambil kepandaian untuk merealisasikan ujian nasional sebagai salah satu format evaluasi pendidikan.

Ujian nasional wajib dilakukan pada seluruh satuan edukasi sebagai kriteria kelulusan semua siswanya. Hal tersebut cocok dengan ketentuan No. 19 tahun 2005 mengenai Standar Nasional Pendidikan.

Hasil ujian bisa dijadikan bukti konkrit mengenai kesanggupan belajar berfikir secara logis melewati proses yang mengisi standar kompetensi yang ditentukan dan cocok dengan formalitas akademik.

Melihat kendala ujian di sekolah sebagai alat guna mengukur keberhasilan murid dalam menempuh pendidikan, urusan itu menjadi kendala dan beban tersendiri untuk siswa.

Berdasarkan keterangan dari Barber sebagaimana yang dilansir oleh Mutmainah, melafalkan bahwa ujian mempunyai konteks sosial dan implikasi yang menonjol terhadap siswa, kerena ujian ini memunculkan ancaman status sosial untuk siswa dengan yang lainnya.

Setiap penilaian yang mempertaruhkan sesuatu yang dievaluasi, pasti dapat menimbulkan dampak. Seperti UN ini, yang dipertaruhkan ialah kelulusan, oleh sebab tersebut sedikit tidak sedikit akan dominan pada individu-individu yang menghadapinya, misalnya khawatir sebelum ujian nasional berlangsung.

Solusi:

  • Guru menyerahkan pemahaman untuk siswa tentang UNBK
  • Siswa secara rutin mengerjakan praktek memakai komputer
  • Siswa dalam menilik materi yang bakal diujikan dengan teknik membuat daftar semenarik mungkin supaya semangat.
  • Siswa belajar bareng teman dengan bermain kuis pelajaran UN

Sumber: bahasainggris.co.id