Jokowi Minta Perombakan Besar-Besaran Pada Sistem Pendidikan Guna Ciptakan SDM Berkualitas

Jokowi Minta Perombakan Besar-Besaran Pada Sistem Pendidikan Guna Ciptakan SDM Berkualitas – Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta jajaran menterinya untuk konsentrasi dalam pembangunan sumber daya insan (SDM), sesudah sebelumnya pada langkah percepatan pembangunan infrastruktur.

Hal ini, kata Jokowi, dilaksanakan pemerintah demi memburu kesejahteraan dan peradaban bersama, tidak melulu sebagai penyokong akselerasi perkembangan ekonomi.

“Kita mesti dapat menjadikan 260 juta warga Indonesia sebagai suatu kekuatan besar negara kita. Bukan melulu untuk menyokong akselerasi perkembangan ekonomi, tetapi pun untuk memburu kesejahteraan, mengejar peradaban bersama,” ujar Jokowi dalam rapat terbatas bersangkutan? Pembangunan SDM guna Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi di Istana Bogor, Rabu (21/11/2018).

Berdasarkan keterangan dari Jokowi, dalam pembangunan SDM berkualitas, maka kuncinya merupakan, kesatu, perbaikan sistem edukasi di dalam negeri, terutama melewati revitalisasi edukasi vokasi yang dicocokkan dengan keperluan industri dan pertumbuhan teknologi.

Dalam empat tahun terakhir, kata Jokowi, pemerintah sudah memulai tahapan perombakan dan perbaikan dalam sistem edukasi vokasi, tetapi semuanya belum maksimal dilaksanakan perubahan.

“Perombakan yang saya dan anda lakukan di SMK baik dalam kurikulum maupun pengaturan kompetensi, khususnya untuk guru-gurun, saya lihat pun sudah dimulai. Tapi sekali lagi ini membutuhkan sebuah perombakan yang besar dan kita mohon mulai tahun depan sungguh-sungguh dilakukan besar-besaran,” papar Jokowi.

Kunci yang kedua, kata Jokowi, yakni peningkatan kemampuan pencari kerja dan pekerja tersebut sendiri melewati pelatihan vokasi dan program sertifikasi, yang mesti dilaksanakan tahun depan secara besar-besaran.

“Program ini melibatkan pemerintah, dunia usaha, dan dunia pendidikan, tergolong melibatkan pesantren-pesantren, sampai-sampai kita harapkan semua santri tidak saja mendapatkan edukasi agama tetapi pun bekal keterampilan,” papar Jokowi.

Adapun menteri yang muncul dalam ratas hari ini, di antaranya Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menperin Airlangga Hartarto, Menkeu Sri Mulyani, Menakertrans Hanif Dhakiri, Menpan RB Syafruddin, Menteri KKP Susi Pudjiastuti, Menhub Budi Karya Sumadi, Menteri ESDM Ignasius Jonan.

Menag Lukman Hakim Saifuddin, Mendagri Tjahjo Kumolo, Mentan Amran Sulaiman, Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo, Mendikbud Muhadjir Effendy, Menkominfo Rudiantara, Menpora Imam Nahrawi.

Selengkapnya: sekolahan.co.id