Darah Haid Sedikit, Bisa Jadi Risiko Gejala Penyakit

Darah Haid Sedikit, Bisa Jadi Risiko Gejala Penyakit

Saat menstruasi atau haid, berapa lama biasanya? Umumnya, seseorang akan merasakan menstruasi sekitar 5 hingga 8 hari. Namun, sejumlah orang barangkali akan lebih sebentar dan sejumlah lainnya bakal lebih lama.

Mengenai haid, saat darah haid jumlahnya sangat tidak sedikit dan tak kunjung berhenti sekitar berhari-hari, tentunya urusan ini akan menimbulkan rasa cemas dalam diri. Khawatir andai ada sesuatu yang salah dalam tubuh terutama pada rahim maupun sekitarnya. Tapi nih ya, di samping darah haid yang sangat tidak sedikit dan tak kunjung berhenti, darah haid yang paling sedikit pun perlu diwaspadai.

Melansir dari laman boldsky.com, darah haid yang sedikit dapat jadi diakibatkan oleh pola hidup yang tak sehat, stres berat maupun pemakaian alat kontrasepsi laksana pil KB. Hanya saja, perlu anda tahu bahwa dalam sejumlah kasus, darah haid yang tidak banyak dan tidak jarang terjadi, ini dapat jadi sebagai risiko fenomena penyakit tertentu.

Biasanya, perempuan normal dan sehat akan menerbitkan darah haid sejumlah 30 ml hingga 50 ml masing-masing periode haid. Tapi, andai dalam satu periode haid seorang wanita menerbitkan darah tidak cukup dari 30 ml, ini dapat jadi sebagai situasi Hypomenorrhea.

Seseorang yang mangalami Hypomenorrha memperlihatkan fenomena antara beda darah haid paling sedikit, tidak haid sekitar 2 hingga 3 bulan berturut-turut, enemia, letih dan lesu berlebihan, nyeri sendi, infertilitas, hilangnya gairah seksual, perkembangan rambut yang berlebihan dan adanya penimbunan berlebih cairan dalam tubuh khususnya di panggul serta pergelangan kaki.

Adapun penyebab dari Hypomenorrha ialah ketidakseimbangan hormon, stres akut, penurunan berat badan secara drastis, lapisan uterus tipis, hipertiroidisme, mendekati menopause, konsumsi pil KB atau obat sejenis, sindrom ovarium polikistik (PCOS), tidak cukup gizi (malnutrisi) dan adanya risiko penyakit ginjal.

Saat darah haid anda terlalu sedikit, usahakan untuk membetulkan pola hidup sehat. Jika darah haid tetap sedikit walau sudah menjalani hidup sehat, tidak boleh segan guna segera memeriksakan situasi kesehatan anda di dokter bersangkutan.

Baca Juga: