Mengenal Peluang Usaha Budidaya Cacing Sutra

Mengenal Peluang Usaha Budidaya Cacing Sutra

Cacing Sutra (Tubifex), sering terhitung disebut cacing rambut atau cacing darah merupakan cacing kecil seukuran rambut berwarna kemerahan bersama panjang kira-kira 1-3 cm, bersama tubuh berwarna merah kecoklatan bersama ruas-ruas, hidup bersama membentuk koloni di perairan jernih yang kaya bahan organik.

Mengenal Peluang Usaha Budidaya Cacing Sutra

Cacing rambut merupakan tidak benar satu alternatif pakan alami yang bisa dipilih untuk berikan makan ikan yang kamu pelihara, lebih-lebih pada selagi fase larva hingga benih ataupun untuk ikan hias kamu karena miliki kadar nutrisi yang baik dan condong sepadan dan terlalu bagus untuk perkembangan ikan.

Di dalam tubuh cacing sutra terdapat kira-kira 57% protein dan 13% lemak, yang oleh karena itu merupakan pakan yang baik untuk ikan, tidak kecuali ikan yang dipelihara manusia layaknya lele atau ikan hias.

Cacing sutra umumnya diperoleh bersama cara menambang/mengambilnya berasal dari sungai. Kegiatan penambangan ada yang dilakukan bersama cara menyelam. Apabila seorang penyelam menemukan koloni cacing sutra di dasar sungai, maka koloni cacing berikut bakal ditambang (diangkat) berasal dari dasar sungai. Namun seandainya penyelam tidak menemukan koloni cacing sutra di dasar sungai yang diselami, maka dia bakal berpindah ke wilayah lain, yang jaraknya bisa lebih dari satu kilometer berasal dari wilayah semula.

Kegiatan penyelaman/pengambilan cacing berikut dilakoni karena nilai ekonomi yang lumayan menjanjikan. Harga cacing sutra berkisar pada Rp. 5. 000,00 hingga Rp. 7.000,00 per satu kaleng kecil (250 ml/kaleng susu).

Kini banyak upaya yang dilakukan untuk mengembangkan budidaya cacing sutra di daratan. Dengan budidaya berikut diinginkan mempermudah pengguna cacing sutra, setidaknya tidak kudu lagi menyelam ke dasar sungai yang pekat yang dalamnya mencapai 7 m lebih-lebih lebih.

Pengembangan budidaya cacing sutra selagi ini sudah banyak dilakukan. Teknik budidaya secara lazim bisa dilakukan pada media lumpur yang dicampur bersama kotaran ayam dan bekatul. Bibit bisa diperoleh berasal dari alam ditanamkan ke dalam media berikut setelah dikarantina lebih-lebih dahulu untuk menyingkirkan bakteri patogen yang dibawa berasal dari habitat asalnya. Sebelum ditanami cacing sutra, media difermentasi lebih-lebih dahulu bersama direndam air sepanjang lebih kurang 3 hari. Selama sistem budidaya, media dialiri air bersama debit kira-kira 3 liter per detik. Panen bisa dilakukan seminggu hingga dua minggu setelah ditanam. Jika dibiarkan terlalu lama, maka jumlah cacing sutra bakal menyusut kembali, karena secara alami berlangsung kompetisi antar-cacing itu sendiri.

Hasil mengolah berasal dari budidaya cacing sutra mencapai dua kali lebih banyak dibandingkan di habitat aslinya. Apabila budidaya dilakukan di tepi sungai, maka mengolah bakal lebih banyak lagi. Dengan demikianlah budidaya cacing sutra yang sudah mulai diperkenalkan selagi ini bisa menaikkan penghasilan, mengingat keinginan cacing sutra masih lumayan tinggi.

Apabila hasil budidaya kami mencapai 200 kaleng per minggu. Kalau harganya Rp. 5000,00 per kaleng, maka pendapatan kami bisa mencapai Rp. 1 juta per minggu. Jumlah pendapatan yang tidak bisa dikatakan kecil untuk ukuran masyarakat selagi ini.

Cacing Sutra untuk Budidaya Ikan Hias
Cacing sutra di toko-toko area penjualan ikan hias kadang selagi kosong, kemungkinan karena stok di pembudidaya belum ada. Anda jangan kuatir dan pasrah bersama keadaan, coba independent dan mulailah budidaya berasal dari sekarang.

Budidaya cacing sutra terlalu berfaedah untuk ikan hias, tidak benar satunya ikan cupang. Cara budidayanya terlalu mudah dan gampang, tidak sibuk dalam pemeliharaan, serta pakan cacing yang relatif tidak mahal seandainya kamu beli, serta bisa jadi solusi untuk lebih irit cost dan mudah mendapatkanya ketimbang kamu beli yang belum tentu ada. www.budidayaternak.com

Dengan mengonsumsi cacing sutra ini dilengkapi bersama suplemen makanan ikan menjadikan ikan cupang indah warnanya dan sehat. fungsi cacing sutra untuk ikan cupang lumayan banyak diantaranya memperkokoh ekor dan membuat mental ikan cupang kamu lebih berani. Maka berasal dari itu cacing sutraselain bisa dikonsumsi terhitung terlalu perlu seandainya dijadikan makananikan cupang. Dan tak ada salahnya kecuali kami membuka budidaya cacing sutra karena tidak terlalu sibuk untuk pengelolaannya.