Bukan Penyakit Orang Tua, Usia Muda Juga Rentan Terserang Penyakit Stroke

Bukan Penyakit Orang Tua, Usia Muda Juga Rentan Terserang Penyakit Stroke

Stroke tidak saja penyakit lanjut umur (lansia). Penyakit ini juga dapat menyerang mereka yang masih muda dan dalam suasana sehat sekalipun. Faktor risiko bawaan laksana adanya kelainan pembuluh darah semenjak lahir menjadi penyebab umur muda dan orang dalam suasana sehat dapat terserang stroke.

Direktur Utama RS Pusat Otak Nasional Jakarta, dr Mursyid Bustami mengibaratkan situasi ini laksana menyimpan bom masa-masa yang sebuah hari, pembuluh darah bakal pecah. Oleh sebab itu, dr Mursyid menganjurkan mereka yang mempunyai riwayat dan hal risiko bawaan stroke guna berhati-hati dan tetap waspada.

“Itu tinggal menantikan waktu saja, laksana menyimpan bom masa-masa namanya, dapat suatu hari pecah pembuluh darahnya. Kalau anda ada family yang punya penyakit jantung atau terdapat riwayat terpapar stroke, hati-hati,” ujar dr Mursyid.

Di samping adanya hal risiko bawaan, penyebab beda mereka yang dalam suasana sehat bisa terserang stroke sebab pola hidup yang tidak sehat serta kurangnya asupan nutrisi. Kondisi ini juga diperparah dengan adanya riwayat family yang mengidap stroke.

Oleh sebab itu, urgen untuk deteksi dini penyakit stroke untuk memiminalisasi risiko pasien. Apalagi penyakit ini memerlukan penanganan yang cepat dan tepat. Penanganan medis yang terlambat, mengakibatkan risiko cacat permanen sampai kematian.

Agar tetap sehat, dr Mursyid menganjurkan menjalani pola hidup sehat dengan teratur berolahraga sekitarĀ  150 menit dalam satu minggu, konsumsi makanan sehat dan lumayan istirahat. “Stroke tersebut dapat dicegah, metodenya kendalikan hal risiko,” kata dia.

Baca Juga: